SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan WebQuest sebagai Bahan Ajar Keragaman Budaya Indonesia dan Interaksi Global

Jatmiko Ari Gunawan

Abstrak


RINGKASAN

Jatmiko, A. G. 2019. Pengembangan WebQuest Sebagai Bahan Ajar Keragaman Budaya Indonesia dan Interaksi Global. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Dr. Anselmus J E Toenlioe, M.Pd.,

(II) Yerry Soepriyanto, S.T, M.T.

 

Kata Kunci: webquest, bahan ajar, keragaman budaya indonesia, interaksi global

Era transformasi pendidikan pada abad 21 ini merupakan arus perubahan dimana guru dan siswa sama-sama berperan penting dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran ini tidak hanya mengandalkan guru sebagai sumber belajar, tetapi guru sebagai mediator dan fasilitator aktif untuk mengembangkan potensi aktif siswa. Bahwasannya seorang guru di abad 21 harus mampu menghadirkan inovasi-inovasi pembelajaran yang mengikuti perkembangan kebutuhan pembelajaran saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan webquest keragaman budaya Indonesia dan interaksi global untuk kelas XI IPS yang valid/layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Web-Based Instructional Design. Setelah mengembangkan produk, akan dilaksanakan uji validasi dan uji coba webquest. Uji validasi dilaksanakan oleh satu orang Ahli Materi dan satu orang Ahli Media. Kemudian setelah mendapatkan perbaikan, webquest akan diuji coba pada 32 siswa kelas XI IPS 1 di SMA Panjura Malang. Dalam pelaksanaan validasi Ahli Materi dan Media menilai webquest keragaman budaya Indonesia dan interaksi global layak digunakan dalam pembelajaran. Persentase nilai angket validasi Ahli Materi dan Media adalah 97% dan 98%. Dalam uji coba, webquest keragaman budaya Indonesia dan interaksi global Jaringan memberikan hasil yang cukup baik, dari 32 siswa diperoleh persentase keseluruhan jawaban audiens berjumlah 78,2%. Sehingga diperoleh hasil bahwa webquest valid/layak untuk digunakan.

 

SUMMARY

Jatmiko, A. G. 2019. Development a WebQuest in Indonesian Multicultural and Global Interaction as Learning Materials. Essay, Education Technology Department, Faculty of Education, Malang State University.

Advisor:

(I) Dr. Anselmus J E Toenlioe, M.Pd.,

(II) Yerry Soepriyanto, S.T, M.T.

 

Keywords: webquest, teaching materials, Indonesian cultural diversity, global interactions

 

The era of educational transformation in the 21st century is a flow of change where teachers and students both play an important role in learning activities. This learning activity does not only rely on the teacher as a learning resource, but the teacher as an active mediator and facilitator to develop the active potential of students. Even though a teacher in the 21st century must be able to present learning innovations that keep up with the current learning needs. This study aims to produce a webquest of the diversity of Indonesian culture and global interactions for class XI IPS that are valid / feasible to be used as teaching materials in learning. This study uses Research and Development methods (Research and Development) with the development model of Web-Based Instructional Design. After developing the product, validation tests and webquest trials will be carried out. Validation tests are carried out by one Material Expert and one Media Expert. Then after getting repairs, webquest will be tested on 32 students of class XI IPS 1 at Panjura High School Malang. In the implementation of validation, material and media experts assess webquest the diversity of Indonesian culture and global interactions are worthy of being used in learning. The percentage of the questionnaire validation of material and media experts is 97% and 98%. In the trial, webquest of the diversity of Indonesian culture and the global interaction of the network gave quite good results, from 32 students obtained the percentage of the overall answer of the audience amounted to 78.2%. The result show that the webquest is valid / feasible to use.