SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMANFAATAN BAHAN AJAR CETAK DITAMBAH TESAURUS ONLINE SEBAGAI ELECTRONIC PERFORMANCE SUPPORT SYSTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA KULIAH TEKNOLOGI JARINGAN MAHASISWA TEP UM ANGKATAN 2010

TOTO SUHARTO BACHTIAR

Abstrak


ABSTRAK

Toto, Suharto, Bachtiar. 2012. Pengaruh Bahan Ajar Cetak Ditambah Thesaurus Online Sebagai Electronic Performance Support System Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Kuliah Teknologi Jaringan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Angkatan 2010.Skripsi, JurusanTeknologiPendidikan, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang.

Pembimbing:

(1) Dr. H. Sulton, M.Pd,

(2) YerrySoepriyanto, S.T, M.T

 

Kata Kunci : Pengaruh, Bahan Ajar Cetak ditambah Thesaurus Online, Hasil belajar.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan bahan ajar cetak (buku teks) ditambah Tesaurus Online sebagai Electronic Performance Support Systemdengan yang hanya menggunakan bahan ajar cetak (buku teks) terhadap hasil belajar mahasiswa mata kuliah Teknologi Jaringan jurusan TEP UM.Penelitianinimenggunakanpenelitianeksperimen.SubyekpenelitianadalahmahasiswaTeknologiJaringanJurusanTeknologiPendidkan UM angkatan 2010.Sumberdata yaituTeshasilbelajar.Hasil penelitian bahwa nilai t hitung = 3,811 >dari t tabel 2,039 yang berarti bahwa t hitung diterima makaH1 terima, sehingga terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang memanfaatkan  bahan ajar cetak (buku teks) dan thesaurus online dengan mahasiswa yang hanya memanfaatkan  bahan ajar cetak (buku teks) pada kuliah online matakuliah Teknologi Jaringan Jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2010. Nilai rata – rata nilai tes (post test) dari masing – masing kelas yaitu, 79,51 pada kelas eksperimen dan 71,12pada kelas kontrol. Ini menunjukkan bahwa pemanfaatan menggunakan bahan ajar cetak (buku teks) dan tesaurus online hasil belajar siswa lebih baik di banding dengan yang hanya mengunakan bahan ajar cetak (buku teks).