SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Drill and Practice Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II di SDN Karangbesuki 01 Malang

Vira Delfi Andini

Abstrak


ABSTRAK

 

Andini, Vira Delfi. 2017. Pengembangan Multimedia Drill and Practice Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II di SDN Karangbesuki 01 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulton., M.Pd, (II) Yerry Soepriyanto., S.T, M.T.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia, Drill and Practice.

 

Peranan komputer sebagai media pembelajaran menjadi sumber utama pembelajaran di sekolah. Media pembelajaran yang berperan sebagai pendukung dan alat bantu dapat mempermudah dalam penyampaian isi materi pembelajaran kepada peserta didik. Media yang baik juga akan mengaktifkan peserta didik dalam memberikan tanggapan, umpan balik, dan juga mendorong peserta didik untuk melakukan praktik-praktik dengan benar. Hal tersebut dapat dilakukan melalui drill and practice. Selain untuk menanamkan kebiasaan, drill and practice juga dapat menambah kecepatan, ketepatan dan kesempurnaan dalam melakukan suatu dalam proses pembelajaran serta dapat pula digunakan sebagai suatu cara mengulangi bahan latihan atau materi yang telah disajikan sebelumnya.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran yang layak dan valid pada mata pelajaran matematika perkalian dan pembagian kelas II di SDN Karangbesuki 01 Malang.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian dan pengembangan diadaptasi dari model pengembangan Lee dan Owens (2004). tahap pengembangan yaitu (a) analisis (b) desain (c) pengembangan (d) implementasi/pelaksanaan (e) evaluasi.

Subjek ujicoba dalam pengembangan ini adalah siswa kelas II di SDN Karangbesuki 01 Malang. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berasal dari saran-saran perbaikan dari angket validasi yang diisi oleh ahli media, ahli materi dan angket yang diisi oleh siswa. Data kuantitatif diperoleh dari hasil perhitungan angket dan tes hasil belajar.

Hasil pengembangan multimedia drill and practice pada mata pelajaran matematika perkalian dan pembagian termasuk dalam kriteria valid, dengan prosentase yang diperoleh dari ahli media sebesar 96,25%, hasil dari ahli materi sebesar 83,75%, serta hasil ujicoba dari siswa sebesar 94,73%. Pada tes hasil belajar yang dilakukan pada siswa yang berjumlah 28 siswa, 25 siswa dari 28 siswa memperoleh nilai diatas KKM, dan 3 siswa dari 28 siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Persentase dari tes hasil belajar menggunakan multimedia drill and practice yaitu sebesar 89,29%. Dari hasil analisis data tes hasil belajar dapat disimpulkan bahwa multimedia drill and pratice efektif untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran secara individual di SDN Karangbesuki 01 Malang.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa multimedia drill and practice untuk mata pelajaran matematika perkalian dan pembagian valid/layak dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran secara individual. Dalam hal ini siswa perlu memiliki keterampilan dalam mengoperasikan komputer atau laptop sehingga siswa tidak lagi kesulitan dalam menjalankan multimedia drill and practice.