SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 1 KESAMBEN BLITAR

Putri Syafiana Ayu Chandra

Abstrak


ABSTRAK

Chandra, Putri Syafiana Ayu. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share  (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Kesamben Blitar. Skripsi, Progaram S1 Teknologi Pendidikan, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulthoni, M.Pd, (II) Saida Ulfa, M.Edu.,Ph.D

 

Kata Kunci: Think Pair Share, Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia, SMP

 

            Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Negeri1 Kesamben Blitar didapat beberapa permasalahan pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan berbicara, yaitu: 1) Perolehan hasil belajar siswa pada pembelajaran sebelumnya adanya tindakan yaitu 8 siswa dngan kriteria sangat kurang, dan 11 siswa memiliki kriteria menapai KKM 2 diantaranya memiliki kriteria sangat baik,2) situasi kegiatan pembelajaran kurang menyenangkan, 4) penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat pada peningkatan keterampilan berbicara, membuat siswa mengalami kesulitan menyampaikan gagasan yang dimilikinya, 5) pembelajaran berpusat pada guru. Salah satu alternatif pemecahan yang dapat diambil yaitu menggunakan model think pair share untuk meningkatkan keterampilan berbicara.

            Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan penerapan penggunaan model think pair share untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada materi analisa struktur cerpen mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri  1 Kesamben Blitar, dan (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan meningkatkan keterampilan berbicara pada materi analisa struktur cerpen mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri  1 Kesamben Blitar.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannnya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kesamben Blitar berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data  yang digunakan yaitu tes, observasi,wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan model pembelajaran think pair share memperhatikan kesesuaian pada aspek non kebahasaan (intonasi, vocal, jeda) dan kebahasaan (isi,tatabahasa). Dalam berbicara, siswa menggunakan bacaan cerita ceren “Kupu-Kupu Ibu“dan “Kentongan Pak Wasil”. Hasil keterampilan berbicara pratindakanya 35,5%dari siswa 31, siklus I siswa memiliki kriteria diatas cukup 67,74% dan siklus II mencapai 72,2% siswa yang mencapai KKM.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kesamben. Disarankan bagi guru untuk menggunakan model think pair share dalam pembelajaran sebagai salah satu alternatif penggunaan model pembelajaran di kelas.