SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aplikasi Edukasi Berbasis Android Materi Struktur Jaringan Daun untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung

Desi Ratna Mitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Mitasari, Desi Ratna. 2017. Pengembangan Aplikasi Edukasi berbasis Android Materi Struktur Jaringan Daun untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd. (II)  Dr. Agus Wedi, M.Pd.

Kata Kunci: pengembangan, aplikasi edukasi berbasis android, struktur jaringan daun

Struktur Jaringan Daun merupakan salah satu bagian dari materi struktur jaringan tumbuhan yang terdapat pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VIII. Materi ini merupakan materi penting dalam pelajaran IPA. Struktur jaringan daun merupakan salah satu meteri yang sulit dipelajari karena terdapat banyak materi pembahasan dan pengenalan istilah-istilah asing yang jarang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Media yang dikembangkan oleh orang lain sebelumnya mengenai struktur jaringan daun berupa E-Learning, Enklopedia, Puzzle, dan multimedia interaktif. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini mengandung berbagai kombinasi media yaitu teks dilengkapi gambar digunakan untuk mengatasi karekteristik belajar siswa secara visual, animasi dan video mengatasi karekteristik belajar siswa secara audio visual, simulasi praktikum mengatasi karekteristik belajar siswa kinestetik. Kombinasi unsur media ini digunakan untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran, untuk itu pengembang ingin memanfaatkan aplikasi edukasi berbasis androiddengan materi struktur jaringan daun karena sifatnya portable.Tujuan penelitian pengembangan ini yakni untuk menghasilkan produk aplikasi media pembelajaran berbasis android yang layak dan valid digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangandengan model pengembangan dari model Lee dan Owens. Langkah-langkah pengembangan meliputi (1) Tahap Analisis, (2) Tahap Desain, (3) Tahap Pengembangan, (4) Tahap Implementasi, dan (5) Tahap Evauasi. Uji coba produk pada penelitian ini meliputi desain uji coba dan subjek coba. Subjek coba dalam penelitian validasi produk yaitu ahli media, ahli materi, dan audiens atau siswa kelas VIII SMPkelas VIII atau yang mengikuti mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Uji coba audiens meliputi uji coba individu, kelompok kecil, dan kelas sebenarnya. Pengumpulan data didapatkan dari angket, observasi, dan wawancara. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif.

Hasil pengembangan aplikasi edukasi berbasis android ini memenuhi kriteria valid yakni, dari ahli media 90%, ahli materi 88,34%, uji coba perseorangan/individu92,5%, uji coba kelompok kecil95,95%, dan uji coba kelompok besar94,61%. Selain itu, terdapat isi-isi perbaikan. Pertama, perbaikan yang diperoleh dari ahli media adalah perbaikan penambahan daftar rujukan, backsound buat lebih ceria, animasi usahakan tidak mengganggu teks.Kedua, perbaikan dari ahli materi satu adalah perbaikan kata penghubung peta konsep, istilah di tebalkan, beri contoh nama tumbuhan. Ketiga, perbaikan dari ahli materi kedua materi untuk disesuaikan dengan istilah yang tepat. Keempat, untuk perbaikan dari audiens, secara keseluruhan diperoleh hasil yang bagus untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan demikian produk aplikasi edukasi berbasis android materi struktur jaringan daun yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran siswa.