SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Praktikum Bahan Ajar Cetak Mata Kuliah Sistem Operasi Dan Program Aplikasi (SOPA) Di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri. Skripsi

Sakti Nendra Bagaskara

Abstrak


ABSTRAK

Bagaskara, Sakti Nendra. 2017. Pengembangan Panduan Praktikum Bahan Ajar Cetak Mata Kuliah Sistem Operasi Dan Program Aplikasi (SOPA) Di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. A.J.E Toenlioe, M.Pd (II) Yerry Soepriyanto, S. T., M. T.

Kata Kunci: Panduan Praktikum, Bahan Ajar Cetak, Sistem Operasi Dan Program Aplikasi, SOPA.

Panduan praktikum merupakan buku atau modul yang menyajikan informasi dan tata cara yang memberikan tuntutan kepada pembaca untuk melakukan apa yang disampaikan di dalam buku atau modul tersebut dengan cara mempraktekkan, menguji, melaksanakan dalam kegiatan praktik setelah mendapatkan apa yang diperoleh dari teori.

Pengembangan panduan praktikum bahan ajar cetak ini dianggap penting dikarenakan (a) memudahkan mahasiswa dalam melakukan kegiatan praktikum (b) sebagai salah satu alternatif cara belajar untuk melatih ketrampilan mahasiswa (c) sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran baru yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, sehingga dapat mengembangkannya lebih lanjut.

Tujuan pengembangan panduan praktikum bahan ajar cetak adalah untuk menghasilkan media yang valid yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar pada kegiatan praktikum.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang telah peneliti adaptasi, langkah-langkahnya, yaitu (1) Research and Information collecting; (2) Planning; (3) Development Primary From of Product; (4) Preliminary field tes; (5) Main Product Revision; (6) Main Field Testing; (7) Final product revision. Subjek penelitian dalam validasi yaitu mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2016. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif (instrumen ahli media, ahli materi, dan mahasiswa) dan kualitatif (tanggapan dan saran dari ahli media ahli materi dan mahasiswa).

Panduan praktikum bahan ajar cetak divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan diujicobakan kepada 87 mahasiswa. Berdasarkan hasil angket ahli media diperoleh total persentase 95.313%, hasil angket ahli materi diperoleh total persentase 95.313%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat dikaji bahwa panduan praktikum bahan ajar cetak ini valid untuk digunakan dalam kegiatan praktikum matakuliah sistem operasi dan program aplikasi.