SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Komplemen Augmented Reality Video pada Modul Pembelajaran Fotografi untuk Siswa Kelas 11 SMKN 12 Malang

Fajar Pratomo

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Pratomo, Fajar. 2017. Pengembangan Komplemen Augmented Reality Video pada Modul Pembelajaran Fotografi untuk Siswa Kelas 11 SMKN 12 Malang. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Agus Wedi, M.Pd.(II) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T.

                                                                                      

Kata kunci : Pengembangan, Komplemen, Augmented Reality, Video, Fotografi

 

Terbatasnya waktu pembelajaran dan alat yang disediakan oleh sekolah menjadi alasan utama yang membuat praktek pada mata pelajaran fotografi kurang maksimal. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut dan membantu siswa untuk memvisualisasikan apa yang ada di modul pembelajaran fotografi yaitu dengan menggunakan video berteknologikan Augmented Reality sebagai komplemen dari modul tersebut. Video berteknologikan Augmented Reality atau bisa juga disebut Augmented Reality Video ini membantu siswa agar bisa belajar secara individual dikelas maupun dirumah dengan bantuan smartphone.

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran dari penggabungan teknologi cetak dan komputer yang diwujudkan dengan teknologi Augmented Reality dengan menampilkan video demonstrasi pada modul pembelajaran fotografi danmenghasilkan produk Augmented Realityvideo pada modul pembelajaran fotografi untuk siswa kelas 11 SMKN 12 Malangyang valid dan layak digunakan.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitianini mengadaptasi model pengembangan Lee dan Owens (2004). Penggunaan model ini didasari alasanbahwa model pengembangan inimemiliki langkah yang lengkap. Pada model ini terdapat beberapa tahap yaitu (1) tahap analisis, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, (5) tahap evaluasi.

Hasil pengembangan media ini telah diuji cobakan dengan hasil, ahli media 95%dinyatakan valid, ahli materi 93,75%dinyatakan valid,dan hasil uji coba pada 28 siswa85,76%dinyatakan valid. Dengan demikian media augmented realityvideo pada modul pembelajaran fotografi untuk siswa kelas 11 SMKN 12 Malang ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.Kekurangan media iniadalah materi yang kurang lengkap karena dalam produk ini hanya terdapat materi dasar tentang pengoperasian kamera.

Saran pemanfaatan media antara lain guru perlu mendampingi siswa ketika mengoperasikan media ini agar siswa tidak bermain dengan smartphone.Siswa diharapkan mengikuti dan membaca petunjuk penggunaan yang ada dalam media pembelajaran dengan seksama.Bagi pengembang selanjutnya, kembangkan topik pembahasan agar menjadi luas dan lengkap selain melengkapi materi tentang fotografi. Dalam mengembangkan produkhendaknya meningkatkan kualitas video dan kejelasan suara narator pada video agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan oleh media tersebut.Penambahan konten pada produk ini juga sangat dianjurkan seperti konten animasi 2 dimensi atau 3 dimensi agar media lebih menarik.