SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aplikasi Speak English Untuk Anak Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Speech Recognition Berbasis Android

Nunung Nindigraha

Abstrak


ABSTRAK

 

Nindigraha, Nunung. 2017. Pengembangan Aplikasi Speak English Untuk Anak Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Speech Recognition Berbasis Android . Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sihkabuden, M.Pd. (II) Eka Pramono Adi, S.I.P., M.Si.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Aplikasi, Speaking English, Speech Recognition, Anak Sekolah dasar, Android.

 

Aplikasi Speak English merupakan sebuah aplikasi dimana menampilkan sebuah gambar yang di padukan dengan text serta audio yang dapat menggambarkan sebuah benda yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Dalam aplikasi ini menggunakan teknologi speech recognition. teknologi speech recognition atau pengenalan suara merupakan sebuah teknologi yang memiliki kemampuan untuk mencocokan pola yang didapat berupa suara kedalam bentuk yang tepat. Dalam Aplikasi Speak English Penggunaan teknologi speech recognition berfungsi untuk menerima masukan berupa suara yang diucapkan kemudian akan dicocokan dengan pola kata benda yang ditampilkan, kemudian apabila pola suara dan kata sama ataupun tidak, maka dalam aplikasi akan memberikan balikan..

Tujuan dari pengembangan aplikasi ini untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan efektif dalam membantu siswa memahami materi pada mata pelajaran Bahasa Inggris (Speaking) di SDN 4 Karang Besuki Sukun malang.

Pada pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Lee dan Owens dengan alur : 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa kelas 3 Sekolah Dasar berjumlah 20. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif.

Hasil pengembangan Aplikasi Speak English ini memenuhi kriteria valid yakni, ahli media 98,75%, ahli materi 88,75%, uji coba perseorangan 90%, uji coba kelompok kecil 90%, uji coba lapangan 94,60%. Aplikasi Speak English ini dinyatakan efektif, hal ini dapat dianalisis dan diinterpretasikan dari 20 siswa yang mengikuti tes hasil belajar, 19 siswa mengalami ketuntasan belajar atau memenuhi KKM (≥70) setelah menggunakan aplikasi Speak English mata pelajaran Bahasa Inggris. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa keseluruhan siswa yang berjumlah 20 siswa, 95% mengalami ketuntasan belajar setelah menggunakan aplikasi Speak English mata pelajaran bahasa Inggris.

Dalam rangka pemanfaatan produk aplikasi Speak English harus didampingi oleh guru atau orang dewasa. Dimana guru atau orang dewasa memiliki tugas mengawasi, membimbing, serta mengevaluasi sebelum, sesudah, atau saat kegiatan berlangsung.