SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

analisis peminatan matakuliah pilihan keahlian jurusan teknologi pendidikan angkatan 2015 universitas negeri malang

Erni Islahah

Abstrak


ABSTRAK

 

Islahah, Erni. 2017. Analisis Peminatan Matakuliah Pilihan Keahlian Mahasiswa Teknologi Pendidikan Angkatan 2015 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Eka Pramono Adi, S.I.P., M.Si, (II) Dr. Agus Wedi, M.Pd

 

Kata Kunci: peminatan, matakuliah pilihan keahlian

 

Minat adalah faktor yang sangat penting dalam kegiatan belajar mahasiswa. suatu kegiatan belajar yang dilakukan tidak sesuai dengan minat mahasiswa akan memungkinkan berpengaruh negatif terhadap hasil belajar mahasiswa yang bersangkutan. Fenomena  yang terjadi pada jurusan teknologi pendidikan menunjukkan bawah selama 2  tahun terakhir mahasiswa peminat konsentrasi kurikulum sangat banyak. Konsentrasi pusat sumber belajar (PSB) mengalami peningkatan pada tahun kedua. Sedangkan untuk konsentrasi Broadcasting mengalami penurunan peminatan. Menurut sumber dari katalog 2015 kurikulum jurusan  Teknologi Pendidikan telah diperbaharui, konsentrasi studi telah dihapuskan menjadi matakuliah pilihan keahlian. . Kurikulum Teknologi Pendidikan diperbaharui karena adanya kebijakan rektor dimana kurikulum lama diganti menjadi kurikulum KBK ( Kelompok Bidang Keahlian).

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kecenderungan peminatan matakuliah pilihan keahlian oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan pada angkatan 2015 dan alasan  mahasiswa dalam memilih matakuliah pilihan keahlian tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk masukan untuk perbaikan dalam menentukan kebijakan untuk meningkatkan pelayanan serta perbaikan kurikulum yang ada. Serta sebagai masukan untuk mengarahkan mahasiswa dalam pemilihan matakuliah pilihan keahlian

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif yang dianalisis menggunakan  pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner terbuka-tertutup.  Selanjutnya data dianalisis dengan mencari persentase untuk mendapatkan gambaran seberapa besar frekuensi tiap jawaban.

Dari hasil analisis data tersebut , diperoleh kesimpulan  hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, Matakuliah pilihan keahlian yang diminati oleh  mahasiswa teknologi pendidikan  angkatan 2015 adalah matakuliah pilihan pendidikan dan pelatihan dengan persentase mahasiswa yang memilih sebanyak 71%. Sedangkan untuk matakuliah pilihan kurikulum diminati oleh mahasiswa sebanyak 29%. Kedua, Alasan mahasiswa memilih matakuliah pilihan keahlian baik itu kurikulum maupun pendidikan dan pelatihan karena isi matakuliahnya sesuai dengan yang mereka minati.

Sebagian besar mahasiswa mendapatkan informasi mengenai matakuliah pilihan keahlian dari kakak tingkat dengan persentase jawaban sebesar 38% , dari katalog sebesar 24%, dari teman sekelas sebesar 27% tapi masih ada yang belum tahu mengenai peminatan matakuliah pilihan sebanyak 3%. Akan tetapi mahasiswa dalam memilih peminatan matakuliah pilihan keahlian cukup kesulitan dalam memutuskan pilihan yang sesuai dengan yang diminati.

Maka dari itu perlu adanya sosialisasi atau pengarahan dari pihak jurusan  kepada mahasiswa mengenai matakuliah pilihan keahlian. Agar mahasiswa tidak kesulitan dalam memilih matakuliah pilihan.