SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Tentang Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) di SMKN 3 Batu

Evinda Octaviana Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Evinda Octaviana. 2017. Studi Tentang Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Program Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di SMKN 3 Batu. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Sulton, M.Pd., (II) Dr. Agus Wedi, M.Pd.

 

Kata Kunci: evaluasi program, prakerin, smk

 

Evaluasi dalam setiap program pembelajaran maupun pendidikan sangat penting dilakukan, karena dengan adanya evaluasi dapat mengetahui seberapa jauh perkembangan atau kemajuan hasil pendidikan.Dari hasilevaluasi program, pelaksana (evaluator) dapat mengetahui seberapa tinggi mutu atau kondisi sesuatu hal sebagai hasil pelaksanaan program setelah data terkumpul dengan kriteria atau standar tertentu. . Hasil keseluruhan digunakan untuk menentukan tindak lanjut atau keputusan yang akan diambil. Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan suatu bentuk pendidikan yang melibatkan peserta didik langsung bekerja di DU/DI (Dunia Usaha / DuniaIndustri). Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 3 Batu mengenai evaluasi pelaksanaan program prakerin. Dari hasil observasi yang telah dilakukan terdapat masalah yang dihadapi mengenai paktik kerja industri antara lain, 1) sebagian besar siswa yang mencari tempat prakerin, sehingga siswa asal dapat saja, 2) siswa kurang memperhatikan dalam pembekalan, sehingga prosedur prakerin tidak diketahui, 3) kurangnya monitoring yang dilakukan kepada siswa di tempat prakerin, 4) penilaian/evaluasi pada pelaksanaan Prakerin belum terlaksana dengan baik.

Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui pelaksanaan evaluasi program praktik kerja industri yang diadakan tiap tahun yang meliputi jenis dan model evaluasi program yang digunakan oleh SMK Negeri 3 Batu.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodekualitatif deskripstif dengan jenis penelitian studi kasus.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun tahapan tersebut antara lain: (1) tahap sebelum ke lapangan, (2) tahap sesudah ke lapangan, (3) tahap analisis data. Subjek penelitian dalam wawancara yaitu kepala sekolah,siswa kelas XI, dan panitia prakerin.

Hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan hasil wawancara adalah pelaksanaan evaluasi program prakerin mulai dari perencanaan hingga penilaian berjalan dengan lancar walaupun masih ada masalah saat pelaksanaan prakerin. Jenis evaluasi program yang digunakan adalah jenis monitoring. Model evaluasi program yang digunakan adalah goal free evaluation model atau model evaluasi bebas tujuan. Hasil keseluruhan belum diadakan namun hasil tahun 2016 adalah black list bagi Du/Di yang tidak memberi pengalaman siswa prakerin

Saran yang diajukan kepada pihak sekolah maupun panitia prakerin adalah persiapan prakerin harus lebih matang lagi sehingga permasalahan pada pelaksanaan prakerin tidak terlalu banyak dan pelaksanaan evaluasi program harus lebih jelas lagi tahapan - tahapannya jadi untuk mengetahui hasilnya juga lebih mudah.

 

 

 

 

 

ABSTRAC

 

Sari, Evinda Octaviana. 2017. Studi Tentang Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Program Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di SMKN 3 Batu. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Sulton, M.Pd., (II) Dr. Agus Wedi, M.Pd.

 

Keywords: evaluasi program, prakerin, smk

 

Evaluation in any learning programs as well as education is very important, because with the conducted evaluations can determine how far the development or advancement of the educational results. From the results of the evaluation programme, the executor (evaluators) can figure out howhigh the quality or condition of something as a result of the implementation of the program after data collected by specific criteria or standards. . The overall result is used to determine the follow-up or decision to be taken. Working practices of the industry (Prakerin) is a form of education

Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui pelaksanaan evaluasi program praktik kerja industri yang diadakan tiap tahun yang meliputi jenis dan model evaluasi program yang digunakan oleh SMK Negeri 3 Batu.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodekualitatif deskripstif dengan jenis penelitian studi kasus.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun tahapan tersebut antara lain: (1) tahap sebelum ke lapangan, (2) tahap sesudah ke lapangan, (3) tahap analisis data. Subjek penelitian dalam wawancara yaitu kepala sekolah,siswa kelas XI, dan panitia prakerin.

Hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan hasil wawancara adalah pelaksanaan evaluasi program prakerin mulai dari perencanaan hingga penilaian berjalan dengan lancar walaupun masih ada masalah saat pelaksanaan prakerin. Jenis evaluasi program yang digunakan adalah jenis monitoring. Model evaluasi program yang digunakan adalah goal free evaluation model atau model evaluasi bebas tujuan. Hasil keseluruhan belum diadakan namun hasil tahun 2016 adalah black list bagi Du/Di yang tidak memberi pengalaman siswa prakerin

Saran yang diajukan kepada pihak sekolah maupun panitia prakerin adalah persiapan prakerin harus lebih matang lagi sehingga permasalahan pada pelaksanaan prakerin tidak terlalu banyak dan pelaksanaan evaluasi program harus lebih jelas lagi tahapan - tahapannya jadi untuk mengetahui hasilnya juga lebih mudah.