SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Multimedia Presentasi Pada Mata Pelajaran Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa Pondok Pesantren Generus Ulama Baitul Jannah Klaseman Malang

Kiki Amrullah Hanafi

Abstrak


ABSTRAK

 

Hanafi, Kiki Amrullah. 2017. Pengaruh Multimedia Presentasi Pada Mata Pelajaran Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa Pondok Pesantren Generus Ulama Baitul Jannah Klaseman Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Sulthoni, M.Pd, (II) .Susilaningsih, M.Pd

 

Kata Kunci: Pemanfaatan, Multimedia Presentasi, Hasil Belajar

 

Pembelajaran adalah usaha untuk terciptanya situasi belajar sehingga yang belajar dapat meningkatkan kemampuannya, dengan demikian pembelajaran itu dilakukan oleh pengajar dengan menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran.Mata pelajaran Agama Islam terutama materi manasik haji dianggap sulit oleh sebagian siswa sebab proses pembelajaran yang digunakan dengan metode ceramah, jika hanya menggunakan metode ceramah setiap siswa akan berbeda setiap presepsinya. Berdasarkan tersebut, peneliti mengidentifikasi masalah – masalah yang dihadapi sisiwa dikelas yaitu suasana dikelas tidak kondusif, kurang keinginan guru untuk memanfaatkan media pembelajaran, kurangnya kreatifitas guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Dengan menggunakan multimedia presentasi dapat memadukan media – media dalam proses pembelajaran, maka proses pembelajaran akan berkembang dengan baik, sehingga dapat memberi manfaat bagi guru dan siswa.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh multimedia presentasi terhadap hasil belajar siswa pondok pesantren generus ulama klasman malang. Terdapat dua hipotesis dari penelitian ini yaitu : 1) Hipotesis Nol (Ho) : Tidak ada pengaruh multimedia presentasi yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di pondok pesantern generus ulama klasman malang. Hipotesis Alternatif (Ha) : Ada pengaruh multimedia presentasi yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pondok pesantren generus ulama klasman malang.

Rancangan peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental). Rancangan eksperimen semu merupakan rancangan peneliti yang dimaksud untuk mengungkapkan hubungan sebab akibab dengan melibatkatkan kelompok kontrol dan eksperimen. Untuk melaksanakan eksperimen semu, dipilih rancangan pretes dan posttes dengan memilih kelompok yang tidak diacak.

Berdasarkan hasil uji t diperoleh t hitung= 3,791 dan t tabel=2,01, dapat disimpulkan bahwa t hitung= 3,791 > t tabel= 2,01, dan nilai signifikannya 0,00 < 0,05 pada taraf signifikasi 5%, dengan demikian dapat diinterpretasikan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh multimedia presentasi terhadap hasil belajar siswa.

Berdasarkan peneliti, guru di pondok pesantren generus ulama klasman malang hendaknya memakai multimedia presentasi, sehinggan siswa dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar dalam mengikuti pembelajaran