SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Video Pembelajaran Jenis-Jenis Pekerjaan untuk Siswa Kelas 7 SMPLB YPTB Malang

Alifiatus Sholikha

Abstrak


ABSTRAK

 

Sholikha, Alifiatus. 2017. Pengembangan Media Video Pembelajaran Jenis-Jenis Pekerjaan untuk Siswa Kelas 7 SMPLB YPTB Malang. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Prof.Dr.I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd(II) Eka Pramono Adi, S.IP, M,Si.

           

Kata kunci : Pengembangan,Video Pembelajaran, Jenis- jenis Pekerjaan,Video,Pekerjaan

 

Siswa kelas VII SMPLB YPTB Malang yang berjumlah 6 orang merupakan tunarungu dan tidak berketunaan ganda. Dalam pembelajaran guru dan siswa memakai bahasa isyarat dalam berkomunikasi. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi dari guru pengajar di SMPLB-B YPTB Malang bahwa pelaksanaan  pembelajaran di sekolah biasanya dilaksanakan dengan menggunakan media yang terbatas. Model dan metode pembelajaran yang tidak bervariasi mengakibatkan kurangnya antusias dan minat dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu siswa juga kurang bisa menyerap dengan baik materi pembelajaran, sehingga seringkali materi pembelajaran tidak terselesaikan sesuai target waktu. Oleh karena itu pengembang membuat alternatif yaitu “Media Video Jenis – Jenis Pekerjaan untuk Siswa Kelas 7 SMPLB YPTB Malang” sehingga diharapkan media ini dapat meningkatkan keefektifan proses pembelajaran di kelas.  Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengembangkan video pembelajaran tematik jenis-jenis  pekerjaan untuk siswa tunarungu di SMPLB YPTB ke dalam bentuk video dan uji kelayakan produk.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi  pengembangan model Sadiman (2010). Penggunaan model ini karena sesuai dengan penelitian yang di kembangkan. Pada model ini erdapat beberapa tahap, yaitu : (1) penyusunan rancangan, (2) penulisan naskah; (3) produksi media; (4) evaluasi program media.

Hasil pengembangan media ini telah diuji cobakan dengan hasil, ahli media 94,75% dinyatakan valid, ahli materi 85%dinyatakan valid, dan hasil uji coba pada 6 orang siswa 82,9% dinyatakan valid. Dengan demikian media video pembelajaran tema pekerjaan sub tema jenis-jenis pekerjaan untuk siswa kelas VII SMPLB YPTB Malang ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Saran pemanfaatan media antara lain guru perlu menggunakan media video ini untuk diterapkan dalam pembelajaran tematik pekerjaanku untuk memberikan variasi belajar pada siswa. Bagi siswa diharapkan mempelajari materi secara terstruktur dan sesuai dengan urutan materi yang disampaikan. Bagi pengembang selanjutnya disarankan agar membuat produk dengan pokok bahasan lainnya atau dengan cakupan materi yang lebih luas, karena produk ini terbatas pada materi tertentu. Dalam mengembangkan produk agar lebih memeperhatikan lebih memperhatikan kualitas gambar dan menjelaskan tugas-tugas dari pekerjaan dengan lebih jelas.