SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran MIC (Multimedia Interaktif Ceria) Tema Ekosistem untuk Kelas V Sekolah Dasar

Ni'matul Muslimah

Abstrak


ABSTRAK

 

Muslimah, Ni’matul. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran MIC (Multimedia Interaktif Ceria) Tema Ekosistem untuk Kelas V Sekolah Dasar.Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Dr. Sihkabuden, M.Pd., (II) Dra. Susilaningsih, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, MIC, Ekosistem

 

Media pembelajaran MIC (multimedia interaktif ceria) adalah sebuahmultimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya dengan bentuk penyajian yaitu multimedia yang menggunakan konsep edutainment karena pendidikan dan hiburan digabung menjadi satu sehingga menjadi pembelajaran yang menyenangkan.Pengembangan Media Pembelajaran MIC (Multimedia Interaktif Ceria) Tema Ekosistem untuk Kelas V Sekolah Dasarini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan multimedia interaktif pada MI Mambaul Ulum Sepanjang.

Tujuan dari pengembangan ini adalah(1) untuk menghasilkan produk Media Pembelajaran MIC (Multimedia Interaktif Ceria) Tema Ekosistem untuk Kelas V Sekolah Dasaryang layak untuk digunakan guru dan siswa dalamproses pembelajaran, (2) menguji keefektifan Media Pembelajaran MIC (Multimedia Interaktif Ceria) Tema Ekosistem untuk Kelas V Sekolah Dasar jika diterapkan dalam pembelajaran.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh William W. Lee dan Diana L. Owens. Adapun tahapan tersebut antara lain: (1) Analaysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Pada tahap analisis terdapat 2 tahap yaitu analisis kebutuhan (Need assesment) dan analisis awal dan akhir (front-end analysis). Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa kelas V MI Mambaul Ulum Sepanjang. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif.Media Pembelajaran MIC (Multimedia Interaktif Ceria) Tema Ekosistem untuk Kelas V Sekolah Dasar ini divalidasi oleh Ahli media, Ahli materi dan Audien/Siswa. Presentase hasil validasi ahli media sebanyak 95,8%, ahli materi sebanyak90,6%, uji coba Audien/Siswakelompok kecil sebanyak 90,6% dan uji coba klasikalsebanyak 95,6%. Serta uji coba lapangan hasil belajar siswa memperoleh hasil prosentase ketuntasan92,1%.

Dari data analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran MIC (Multimedia Interaktif Ceria) Tema Ekosistem untuk Kelas V Sekolah Dasar ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk tes hasil belajar siswa, terdapat 25 siswa atau seluruh siswa berhasil mencapai ketuntasan dalam belajar dan mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Maka Media Pembelajaran MIC (Multimedia Interaktif Ceria) Tema Ekosistem untuk Kelas V Sekolah Dasar ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran.