SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan

Lutvi Alfan Septian

Abstrak


ABSTRAK

 

Septian, Lutvi Alfan. 2017. Pengembangan Model PembelajaranFlipped Classroom Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd., (II) Yerry Soepriyanto S.T., M.T.

 

Kata Kunci: model pembelajaran,flipped classroom, psikologi pendidikan

 

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran, peneliti melalui persepektif teknologi pendidikan mencoba meneliti model pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu memecahkan permasalahan pembelajaran yang ada. Bedasarkan silabus pada mata kuliah psikologi pendidikan terdapat 14 topik bahasan yang harus dikuasai dengan alokasi waktu 3 x 50 menit untuk sekali pertemuan dengan tuntutan aktivitas pembelajaran yang beragam. Idealnya perkuliahan psikologi pendidikan membutuhkan penambahan waktu agar mahasiswa bisa memiliki kesempatan belajar yang lebih, namun tidak mengganggu alokasi waktu yang telah ditetapkan. Maka dari itu, tujuan dari pengembangan ini adalahuntuk menghasilkan model pembelajaran flipped clasroom dan mengetahui hasil belajar mahasiswa teknologi pendidikan angkatan 2016 Universitas Negeri Malang setelah menggunakan model pembelajaran flipped clasroom pada mata kuliah psikologi pendidikan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan menurut Dick and Carey (2001). Adapun tahapan tersebut antara lain: (1) Identifikasi tujuan pembelajaran, (2) Analisis pembelajaran, (3) Analisis peserta didik dan konteks pembelajaran, (4) Merumuskan tujuan pembelajaran, (5) Mengembangkan instrumen penilaian, (6) Mengembangkan strategi pembelajaran, (7) Mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, (8) Merancang dan mengembangakan evaluasi formatif, (9) Melakukan revisi, (10) Melakukan evaluasi sumatif.Validasi model pembelajaran flipped classroom pada mata kuliah psikologi pendidikan memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi 77,5%, ahli media95%, mahasiswa71,83%. Hasil belajar dari penggunaan model pembelajaran flipped classroom pada mata kuliah psikologi pendidikan yaitu, sebanyak 32 mahasiswa diperoleh persentase sebesar 90,6% dengan 29 mahasiswa mencapai KKM dan 3 mahasiswa belum mencapai KKM yang berarti memenuhi kriteria efektif digunakan dalam pembelajaran.

Saran yang diajukan kepada dosen mata kuliah psikologi pendidikan adalah model pembelajaran ini dapat dijadikan inovasi dalam proses pembelajaran untuk mata kuliah yang lainnya. Bagi peneliti selanjutnya yaitu ketepatan sasaran subyek uji dan materi ajar dalam penggunaan model pembelajaran ini agar menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.