SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Implementasi Pembelajaran Blended Learning Terhadap Unjuk Kerja Mahasiswa Pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang

Frisda Wahyu Anggraeni

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraeni, Frisda Wahyu. 2017. Studi Implementasi Blended Learning Terhadap Unjuk Kerja Mahasiswa Pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana  Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Henry Praherdhiono, M.Pd., (II) Eka Pramono Adi, S.I.P, M.Si.

 

Kata Kunci: implementasi, blended learning, unjuk kerja

 

Saat ini e-learning tidak hanya digunakan oleh perguruan tinggi yang secara formal melayani pendidikan jarak jauh seperti Universitas Terbuka (UT), tetapi juga digunakan oleh hampir semua perguruan tinggi lainnya termasuk Univeritas Negeri Malang. Penggunaan e-learning di perguruan tinggi ini pelaksanaanya tidak secara terpisah dengan pembelajaran tatap muka, akan tetapi keduanya dipakai secara bersama-sama untuk mendapatkan pembelajaran yang optimal. Istilah kombinasi pembelajaran online dengan pembelajaran tatap muka ini disebut dengan blended learning.

Berdasarkan observasi, kondisi mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang belum mempunyai pengalaman kuliah secara blended learning dan dan belum mengenal LMS serta dalam pengumpulan tugas masih secara manual sehingga unjuk kerja mahasiswa dalam pengumpulan tugas tidak terlihat karena waktu pengumpulan tugas secara bersamaan. Dengan mengumpulkan tugas secara online dosen dapat mengetahui unjuk kerja mahasiswa yang mengumpulkan tugas di awal dan yang paling akhir dan dapat langsung mendapatkan umpan balik dari dosen. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) memaparkan proses pelaksanaan blended learning pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran Program Studi S1 Pendidikan Tata Busan Universitas Negeri Malang, (2) memaparkan unjuk kerja mahasiswa dengan blended learning pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang, tanggal 22 Februari sampai 10 April 2017. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis naratif.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut : (1) mahasiswa merespon secara baik walaupun pembelajaran dengan blended learning merupakan hal baru bagi mereka. Tetapi ditengah respon yang positif masih terdapat hambatan yang dihadapi yaitu mengenai kondisi mahasiswa yang dirasa belum sepenuhnya siap dan masih perlu pembiasaan, (2) secara keseluruhan respon mahasiswa dapat dikatakan aktif dengan pembelajaran blended learning, (3) Hasil unjuk kerja mahasiswa dengan menggunakan blended learning dinilai dari kecepatan pengumpulan tugas dan ketepatan pengerjaan tugas dapat dikatakan sudah bagus dan unjuk kerja mahasiswa dapat disimpulkan meningkat.