SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Cerita Wayang untuk Kelas V Sekolah Dasar

Nuril Farikha Fitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitri, Nuril Farikha. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Cerita Wayang untuk Kelas V Sekolah Dasar.Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Pd, M.Ed, (II) Dr. Sulthoni, M.Pd.

 

Kata Kunci: multimedia, interaktif, wayang

 

Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Cerita Wayang untuk Kelas V Sekolah Dasarini dilatarbelakangi oleh belum adanya multimedia interaktif pembelajaran bahasa Jawapada SDN Klojen Malang. Siswa masih kesulitan menterjemahkan cerita wayang dalam bahasa Jawa. Siswa belum hafal nama lain dari tokoh cerita wayang. Siswa masih kesulitan dalam membedakan jenis wayang.

Tujuan dari pengembangan ini adalah(1) Menghasilkan multimedia interaktif muatan lokal Bahasa Jawa materi cerita wayang sebagai sumber belajar yang valid; (2) Mampu memudahkan siswa dalam menterjemahkan Bahasa Jawa dalam materi cerita wayang kata per kata; (3) Mampu memudahkan siswa dalam menghafal nama tokoh pada materi cerita wayang; (4) Mampu memudahkan siswa dalam membedakan jenis wayang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh William W. Lee dan Diana L. Owens. Adapun tahapan tersebut antara lain: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Pada tahap analisis terdapat 2 tahap yaitu analisis kebutuhan (Need assesment) dan analisis awal dan akhir (front-end analysis). Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa kelas V SDN Klojen Malang. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif.Multimedia Interaktif Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Cerita Wayang untuk Kelas V Sekolah Dasar ini divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan audiens/siswa.

Persentase hasil validasi ahli mediayakni 95,83%, ahli materi sebanyak96,05%, uji coba perseorangan yakni 3 audiens/siswa sebanyak 96,21%. Lalu uji coba kelompok kecil yakni 5 audiens/siswa yakni 93,64%. Serta uji coba kelompok besarmemperoleh hasil persentase 96,25%. Dari data analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Cerita Wayang untuk Kelas V Sekolah Dasar ini valid/layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Saran bagi guru, dapat memanfaatkan media ini dalam proses pembelajaran dengan menerapkan metode pengajaran yang sesuai, juga sebagai sumber belajar bagi siswa. Bagi pengembang selanjutnya dapat menyesuaikan media dengan tujuan pembelajaran, menciptakan ide baru, unik, menarik, dan lebih baik.