SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyusun Kalimat Bahasa Inggris Kelas III di SDN 1 Sumbermanjing Wetan.

Desinta Novadigna

Abstrak


ABSTRAK

 

Novadigna, Desinta. 2017. Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyusun Kalimat Bahasa Inggris Kelas III di SDN 1 Sumbermanjing Wetan. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Henry Praherdhiono, M.Pd., (II) Eka Pramono Adi S.I.P., M.Si

 

Kata Kunci: Menyusun Kalimat Bahasa Inggris, Permainan Flash Card

 

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan untuk bertukar informa-si dari seluruh dunia sehingga Bahasa Inggris digunakan sebagai Bahasa Interna-sional. Indonesia sendiri masih berada diurutan ke-32 untuk kemahiran berbahasa Inggris (CNN Indonesia). Meski di Indonesia pendidikan Bahasa Inggris diberi-kan sejak jenjang pendidikan dasar namun masih belum menjadikan Bahasa Ing-gris di Indonesia mampu bersaing dengan negara Asia lainnya. Hal tersebut kare-na kurangnya keterampilan dalam menyusun kalimat bahasa Inggris. Keterampi-lan menyusun kalimat dapat ditingkatkan menggunakan bantuan media. Media flash card merupakan media kartu bergambar dan kata keterangan dibagian belakang kartu.

Rancangan penelitian ini menggunakan pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian seluruh siswa kelas III yang seba-nyak 22 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen perlakuan dan instru-men pengukuran hasil belajar. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipo-tesis penelitian adalah statistik nonparametik melalui Uji Wilcoxon Signed Rank Test, untuk mengetahui hasil dari pretest dan posttest.

Berdasarkan hasil dari pretest-postest menyusun kalimat Bahasa Inggris terdapat peningkatan rata-rata nilai pretest-posttest. Diketahui bahwa Thitung = 5 dengan nilai Ttabel =  65. Sehingga Thitung