SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Kelas X Semester II Jurusan Agribisnis Ternak Unggas di SMK Muhammadiyah 1 Batu

Hendra Budi Santoso

Abstrak


ABSTRAK

 

Santoso, Hendra Budi. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Kelas X Semester II Jurusan Agribisnis Ternak Unggas di SMK Muhammadiyah 1 Batu. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden, M.Pd., (II) Arafah Husna, S.Pd, M.Med.Kom.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Modul Pembelajaran, KKPI SMK.

 

Modul ialah suatu kesatuan yang bulat dan lengkap, yang terdiri dari serangkaian kegiatan belajar yang secara empiris telah terbukti memberi hasil belajar yang efektif untuk mencapai tujuan yang dirumuskan secara jelas dan spesifik. Modul pembelajaran digunakan untuk mempermudah belajar dalam melakukan praktikum disertai dengan langkah-langkah yang mudah dipraktikkan langsung oleh peserta didik dan rubrik penilaian digunakan oleh guru untuk melakukan penilaian terhadap kinerja peserta didik.

Tujuan dari pengembangan modul pembelajaran ini adalah menghasilkan produk modul yang valid dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik materi mengoperasikan Software Spreadsheet.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens, langkah pengembangan yaitu analisis, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah peserta didik kelas X ATU-1 sebagai subjek utama di SMK Muhammadiyah 1 Batu. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif (instrumen ahli media, ahli materi, dan responden/audien) dan kuantitatif (tes hasil belajar peserta didik).

Modul divalidasikan oleh seorang ahli media, seorang ahli materi, dan diujicobakan kepada 21 peserta didik, 1 orang ujicoba perorangan, 5 orang ujicoba kelompok kecil dan 15 orang uji coba lapangan. Kemudian tes hasil belajar kelas X ATU-1 yang semula 27 orang akan tetapi saat penelitian sebanyak 25 orang peserta didik terdapat 23 orang mendapat nilai diatas KKM dan 2 orang mendapat nilai dibawah KKM. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat dikaji bahwa modul yang dikembangkan ini valid atau layak digunakan sebagai sumber belajar dan efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada materi mengoperasikan Software Spreadsheet dalam mata pelajaran KKPI. Dalam pemanfaatan modul sebaiknya pengguna mencermati petunjuk penggunaan modul dan melakukan praktikum dengan urutan yang benar.