SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC TEMA DAILY ACTIVITIES UNTUK KELAS II SDN MERGOSONO 1 MALANG

Dewi Robiatul Mubararah

Abstrak


ABSTRAK

 

Mubararah, Dewi Robiatul. 2017. Pengembangan Media E-comic Tema Daily Activities Untuk Siswa Kelas II SDN Mergosono 1 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Imu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dedi Kuswandi, Dr, M.Pd., (II) Saida Ulfa, S.T., M.Edu, Ph.D.

 

Kata Kunci: Pengembangan, E-comic, Tema Daily Activities, Sekolah Dasar.

 

Kesuksesan belajar selain ditentukan oleh metode pembelajaran juga tidak terlepas dari beberapa faktor diantaranya media pembelajaran. Media memiliki peran penting menjelaskan konsep materi yang diajarkan agar menjadi lebih nyata bagi siswa dan membantu guru dalam menyampaikan materi dalam proses belajar mengajar di kelas.

Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti kepada guru Bahasa Inggris di SDN Mergosono 1 Malang, (1) guru merasa belum memaksimalkan penggunaan media, (2)  proses pembelajaran dilakukan secara klasikal sehingga siswa memiliki daya tarik yang rendah dalam belajar. E-comic merupakan cerita bergambar yang memiliki alur cerita dan ditampilkan melalui perangkat digital seperti komputer sehingga e-comic dapat lebih meningkatkan motivasi pebelajar.

Tujuan dari pengembangan  ini untuk menghasilkan produk e-comic yang layak sebagai sumber belajar yang efektif untuk memahamkan materi yang disajikan serta mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa secara menyenangkan Bahasa Inggris Tema Daily Activities. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Walter R. Borg dan Meredith Damien Gall (1983), langkah-langkah pengembangan yaitu pengumpulan data informasi, perencanaan, pengembangan utama produk, uji lapangan terbatas, revisi uji coba lapangan terbatas, uji lapangan luas, revisi kelayakan produk, desiminasi dan sosialisasi produk akhir.

Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas 2 SDN Mergosono 1 Malang. Data yang digunakan adalah data kuantitatif (tes hasil belajar) dan kualitatif (instrumen ahli media, materi, dan siswa). E-comic divalidasi oleh seorang ahli media, seorang ahli materi, dan diujicobakan kepada 33 siswa, 2 siswa uji coba perorangan, 6 siswa uji coba kelompok kecil, 25 siswa uji coba lapangan. Kemudian tes hasil belajar dilaksanakan oleh 33 siswa. Berdasarkan hasil angket ahli media diperoleh total presentase 93,75%, ahli materi diperoleh total presentase 71,25%, dari uji coba kelompok kecil didapat skor 81,26%, dan dari uji coba kelompok besar didapat 86,47%. Pada tes hasil belajar 25 siswa mendapat nilai diatas KKM dan 8 siswa nilainya belum mencapai KKM hal ini menunjukan bahwa e-comic mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Inggris tema Daily Activities.

Berdasarkan hasil penelitian dapat dikaji bahwa e-comic ini valid digunakan sebagai sumber belajar yang efektif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam Tema Daily Activities dan dapat digunakan untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar di kelas.