SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Belajar Siswa Bilingual Kelas VIII-D pada Mata Pelajaran IPA Bilingual di SMP Negeri 3 Sidoarjo

Triasih Janarti

Abstrak


ABSTRAK

 

Janarti, Triasih. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Belajar Siswa Bilingual Kelas VIII-D pada Mata Pelajaran IPA Bilingual di SMP Negeri 3 Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Susilaningsih , M.Pd (II) Arafah Husna , S.Pd, M.Med.Kom

 

Kata Kunci: partisipasi belajar, siswa bilingual, pembelajaran IPA bilingual

 

Latar belakang penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 3 Sidoarjo mengikuti bermacam tes untuk bisa belajar di kelas bilingual sehingga yang terpilih adalah siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata. Tetapi pada kenyataannya partisipasi belajar siswa di kelas tidak semua terlibat aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi belajar siswa di kelas bilingual dalam pembelajaran IPA bilingual.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa bilingual kelas VIII-D dan pembelajaran IPA bilingual. Data yang dikumpulkan dengan teknik wawancara kepada siswa dan guru serta teknik observasi berupa aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran. Peneliti adalah instrumen utama dalam penelitian ini dan instrumen pendukungnya adalah panduan wawancara dan panduan observasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan teknik triangulasi sumber. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu pertama, faktor karakteristik siswa antara lain memiliki kesulitan atau hambatan bahasa, tidak semua pelajaran IPA bilingual itu mudah, tidak memiliki rasa percaya diri, dan masalah pribadi yang mengganggu. Kedua, faktor persiapan kelas. Ketiga, faktor suasana kelas seperti sarana prasarana yang menunjang proses pembelajaran, kurangnya rasa menghargai dan menghormati antar teman, siswa lebih nyaman dan menyukai belajar dengan jumlah siswa