SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Sumber Belajar Transformer Center di SMA Selamat Pagi Indonesia dalam Pengembangan Minat Kewirausahaan Siswa

Sinthya Yunita

Abstrak


ABSTRAK

 

Yunita, Sinthya. 2017. Peran Sumber Belajar Transformer Center di SMA Selamat Pagi Indonesia dalam Pengembangan Minat Kewirausahaan Siswa. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Sulton, M.Pd., (II) Dr. Henry Praherdhiono, M.Pd.

 

Kata Kunci: sumber belajar, transformer center, minat kewirausahaan

 

Sumber belajar dipilih sesuai tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Lingkungan/latar merupakan salah satu sumber belajar, dengan tujuan pembelajaran untuk membuat siswa mempraktikkan apa yang telah siswa pelajari di dalam kelas, dan juga menambah skill/keterampilan. Implementasi dari sumber belajar berupa lingkungan/latar di sekolah adalah laboratorium. SMA Selamat Pagi Indonesia memiliki suatu pusat usaha wisata edukasi bernama Transformer Center yang mana digunakan sebagai laboratorium entrepreneurship untuk mengembangkan minat kewirausahaan. Hal tersebut dilakukan dengan mengikutsertakan siswa dalam pengelolaan Transformer Center.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: a) Sejarah berdirinya Transformer Center, b) Aktivitas di dalam Transformer Center, c) Peran Transformer Center sebagai sumber belajar dalam mengembangkan minat kewirausahaan siswa.

Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan dalam proses penelitian ini dibagi menjadi, tahap pendahuluan, pengajuan proposal, tahap pelaksanaan, dan tahap penyusunan laporan penelitian. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian inia dalah dengan melakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.

Paparan data dan temuan penelitian. Peneliti membagi paparan data dan temuan penelitian ke dalam tiga kategori. Adapun isinya adalah sebagai berikut: a) Sejarah Transformer Center sebagai laboratorium entrepreneurship, b) Aktivitas pada Transformer Center, c) Peran Transformer Center sebagai sumber belajar.

Berdasarkan hasil dari penelitian. Dapat disimpulkan sebagai berikut: a) Sejarah Transformer Center sebagai laboratorium entrepreneurship, sekolah menginginkan siswa dapat mandiri setelah lulus dan Transformer Center dijadikan tempat untuk siswa belajar ilmu dalam berwirausaha. b) Aktivitas pada Transformer Center, aktivitas dilakukan pada sebelas divisi yang berbeda dan siswa setiap hari melaksanakan piket entrepreneur, c) Peran Transformer Center sebagai sumber belajar, mencakup lima hal yaitu; sarana untuk mempraktikkan teori yang didapat di dalam kelas, sarana untuk pembelajaran life skill, sarana pembelajaran soft skill, sarana untuk pembelajaran life skill serta soft skill dalam pengembangan minat kewirausahaan siswa, dan sarana untuk evaluasi kinerja dan karakter siswa dengan sistem PAKSA.