SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika SMPN 1 Ngambon Kabupaten Bojonegoro

Rochmad Wahyudi Muhtiyar

Abstrak


Latar belakang penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar matematika kelas VIII tidak memenuhi standart kelulusan. Dari seluruh siswa kelas VIII hanya sedikit yang mampu mencapai nilai diatas standar. Diketahui penyebab utamanya siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran pada bab teorema phytagoras. Selain itu siswa merasa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru matematika yakni secara tanya jawab terasa kurang memotivasi untuk belajar. Oleh karenanya butuh strategi pembelajaran yang sesuai untuk pembelajaran matematika.

Strategi pembelajaran yaitu pola-pola umum kegiatan guru dan peserta didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan. Implementasi strategi yang benar akan membantu guru menyampaikan materi. Pemilihan strategi pembelajaran merujuk pada tujuan, materi, siswa, guru, dan waktu. Salah satu strategi pembelajaran adalah penemuan. Penemuan adalah tingkatan yang paling baik dalam pembelajaran siswa aktif. Dalam pembelajaran penemuan terdapat dua pilihan yang bisa digunakan, yakni penemuan murni dan penemuan terbimbing. Penemuan murni memiliki tingkatan yang lebih baik dari terbimbing pada tingkatan pemahan kognitifnya. Namun karena faktor penemuan murni yang metodenya dilakukan oleh siswa sepenuhnya kurang efektif dipandang dari unsur penyelesaian masalah dalam pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi nantinya siswa tidak jujur dan kesulitan memahami metode pengajarannya. Penemuan terbimbing me-rupakan yang paling tepat untuk pembelajaran. Pada strategiini siswa belajar menemukan pengetahuan dengan dibantu oleh guru.Setiap ada kesulitan nantinya bisa dibimbing secara langsung oleh guru. Penemuan terbimbing dilakukan dengan tujuan supaya siswa ikut aktif berpartisipasi dalam proses belajar sehingga guru bisa mengawasi jalannya pembelajaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan apakah ada pengaruh strategipenemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa siswa SMP N 1 Ngambon pada pelajaran matematika materi teorema phytagoras tahun ajaran 2015/2016. VIII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan penemuan terbimbing dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desainposttest only control group. Strategi pembelajaran yang dibandingkan adalah penemuan terbimbing pada kelas eksperimen dan strategi konvensional pada kelas kontrol. Sebelum dilaksanakan penelitian terlebih dulu menentukan populasi dan sampel penelitian, yang mana terpilih kelas VIIIA dan VIIIB. Selanjutnya membuat instrumen yang terdiri dari instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran hasil belajar. Tahapan selanjutnya menilai validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda terhadap instrumen.

Berdasarkan hasil analisis dari instrumen posttest, diperoleh hasil data yang normal dan homogen. Setelah syarat terpenuhi dilakukan uji beda yang berfungsi mengetahui hipotesis. Ditemukan thitung ttabel(2,676 ≥ 2,00003), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen dan kelas lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dengan hasil ini dapat disimpulkan bahwa strategi penemuan terbimbing berpengaruh meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII pada materi teorema phytagoras.

Saran untuk perbaikan strategi penemuan terbimbing di SMP Negeri 1 Ngambon adalah agar diterapkan kepada siswa dengan cara yang lebih persuasif. Sebelumnya masih ada sedikit kekurangan dalam memancing motivasi siswa yang masih kurang. Awal dari seorang siswa dalam belajar adalah membangkitkan motivasinya supaya keinginannya muncul. Dari segi implementasi strategi sudah baik dari pihak guru dan murid, namun dalam pengambilan kesimpulan masih banyak siswa belum berani mengajukan pendapatnya.