SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN BANGOAN 2 TULUNGAGUNG

Mutiara Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Mutiara. 2013. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SDN Bangoan 2 Tulungagung. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng,M.Pd (2) Henry Praherdhiono,S.Si,M.Pd

 

Kata Kunci: Pengaruh, Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning, Hasil Belajar

 

Hasil observasi pada SDN Bangoan 2 Tulungagung ditemukan bahwa dalam proses pembelajaran Mata Pelajaran IPS dengan Pokok Bahasan “Aktivitas Ekonomi” guru cenderung masih menggunakan metode ceramah dimana kurangnya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Siswa sering kali terlihat berbicara dengan teman sebangku dan mengobrol dengan temannya yang lain, sehingga materi pembelajaran tidak tersampaikan dengan maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan metode Quantum Learning, (2) mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah, (3) mengkaji pengaruh penerapan metode pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa, (4) mengkaji apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan membagi 2 kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelompok siswa yang menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang menggunakan metode ceramah.

Hasil penelitian menunjukkan nilai probabilitas (signifikan) adalah 0,000 t tabel = 2,086. Nilai rata-rata gain score eksperimen 8,25 dan kelas kontrol 2,35. Sehingga terdapat perbedaan rata-rata gain score antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 5,9. Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa “terdapat perbedaan signifikan score hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning, dengan kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan metode ceramah” atau dengan kata lain bahwa rata-rata gain score hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning lebih besar daripada siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah.