SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Model Pembelajaran Jaring Laba-Laba (Webbed Model) Pada Tema Penggunaan Uang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Semester II Tahun Ajaran 2011-2012 Di SDN Kesatrian 2 Malang

Estri Setyowati Boru Sinaga

Abstrak


ABSTRAK

 

Sinaga, Estri Setyowati Boru. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Jaring Laba-Laba (Webbed Model) Pada Tema Penggunaan Uang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Semester II Tahun Ajaran 2011-2012 SDN Kesatrian 2 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulthoni, M.Pd, (II) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Tema Penggunaan Uang, Webbed Model, Kelas 3, SDN Kesatrian 2 Malang

 

Model jaring laba-laba merupakan model pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik. Model jaring laba-laba digunakan untuk memberikan pengalaman bermakna bagi siswa pada kegiatan pembelajaran. Pada kenyataanya, guru masih menggunakan pembelajaran secara terpisah belum mengintegrasikan mata pelajaran ke dalam satu kaitan tema yang menarik. Pelaksanaan mata pelajaran masih dilaksanakan secara sendiri-sendiri sehingga perlu dibuat contoh penerapan pembelajaran tematik dengan menggunakan model jaring laba-laba agar siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh dan menyeluruh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa.

Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam tema penggunaan uang dengan menyatukan beberapa tujuan pembelajaran dari beberapa mata pelajaran dengan menggunakan model jaring laba-laba. Model jaring laba-laba dilaksanakan dengan menetapkan satu tema yang menarik yang terkait dari kompetensi dasar tiap mata pelajaran sehingga siswa memperoleh pengalaman belajar yang bermakna dan menyeluruh.

Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian tindakan adalah siswa kelas III berjumlah 52 siswa. Data penelitian yang berupa paparan hasil observasi kegiatan pembelajaran dan hasil belajar akibat dari tindakan penelitian dengan menggunakan Model jaring laba-laba. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dengan menggunakan lembar observasi pembelajaran selama pembelajaran melalui model pembelajaran jaring laba-laba berlangsung, teknik wawancara, catatan lapangan dan teknik tes melalui kegiatan evaluasi di akhir siklus. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penelitian dengan menggunakan Webbed Model pendekatan tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil refleksi menyatakan hasil belajar untuk sebagian besar siswa belum tuntas, hal ini disebabkan karena guru terlalu jauh dari konsep materi yang harus diberikan dan belum menyajikan materi sesuai metode atau strategi dan alur tematik. Tes belajar yang telah dilakukan menyatakan hanya 41 siswa (78.84%) dari 52 siswa yang mencapai belum mencapai ketuntasan belajar, pada siklus II guru sudah menyajikan materi metode atau strategi dan alur tematik dengan baik sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 92.3% pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jaring laba-laba dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan pada penelitian berikutnya agar guru dapat menerapkan dan mengembangkan tema pembelajaran model jaring laba-laba dengan metode atau strategi dan alur tematik secara variasi dan menarik sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan yang lebih baik dan hasil belajar yang memuaskan. Selanjutnya guru dapat menggunakan model pembelajaran jaring laba-laba dengan lebih baik dalam penyajian konsep pada alur tematik yang dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman belajar bermakna bagi siswa sehingga hasil belajar siswa dapat bertahan lebih lama.