SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS)Pada Siswa Kelas VA Di SDN Tanjungrejo 5 Malang

Rani Mahardika

Abstrak


ABSTRAK

 

Mahardika, Rani. 2011. Penggunaan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS)Pada Siswa Kelas VA Di SDN Tanjungrejo 5 Malang. Skripsi, JurusanTeknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. H. Zainul Abidin, M.Pd., (II) Yerry Soepriyanto, ST, MT

 

Kata Kunci: mind mapping, keaktifan, hasil belajar.

 

Dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu adanya proses pendidikan yang mampu menciptakan suasana yang PAKEM (Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan).

Berdasarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan di SDN Tanjungrejo 5 Malang, guru menjelaskan bahwa terdapat beberapa permasalahan, siswa kurang aktif dalam belajar seperti tidur-tiduran saat pembelajaran dan siswa cenderung tidak memperhatikan pelajaran contohnya siswa lebih suka mengobrol sendiri dengan teman sebangkunya, sehingga nilai hasil belajar siswa kelas VA berada dibawah standar kelulusan minimal khususnya pada mata pelajaran IPS materi pokok peninggalan-peninggalan sejarah Islam di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang melibatkan siswa dan pembelajaran kurang menarik, sehingga siswa kurang aktif dan cenderung tidak memperhatikan pelajaran. Pada mata pelajaran IPS (Sejarah) setiap jenjang hasil belajar siswa di bawah standar kelulusan minimal. Sehingga perlu adanya pembelajaran yang dapat menyerap informasi agar pembelajaran lebih mudah ditangkap, diikuti, diolah, disimpan, diproses, dan mudah diingat. Mind mapping merupakan cara mencatat tingkat tinggi mengembangkan gaya belajar visual yang melibatkan otak kiri dan otak kanan, pada belahan otak kiri analitis dan berorientasi pada detail untuk bekerja secara selaras dengan belahan otak kanan yang imajinatif, karena adanya kombinasi warna, simbol, bentuk, dan kata kunci memudahkan otak dalam menyerap informasi dan membebaskan siswa untuk berimajinasi. Maka peneliti akan mengadakan penelitian tindakan kelas dengan judul “penggunaan mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas VA di SDN Tanjungrejo 5 Malang”.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, (2) mendeskripsikan penggunaan mind mapping dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS kelas VA di SDN Tanjungrejo 5 Malang, (3) Mendeskripsikan penggunaan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas VA di SDN Tanjungrejo 5 Malang.

Pendekatan dalam penelitian ini adalah