SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Media Permainan Puzzle dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa SD Kelas II di SD Negeri Pohgajih 1

Tisna Kusuma Wardhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardhani, Tisna Kusuma. 2011. Penerapan Media Permainan Puzzle dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa SD Kelas II di SD Negeri Pohgajih 1. Skripsi, Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sulthoni, MPd, (II) Dra. Susilaningsih.

 

Kata kunci : permainan puzzle, menulis deskripsi, peningkatan kemampuan.

 

Menulis adalah salah satu aspek dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang paling kompleks untuk dipelajari. Pada tingkat SD kelas II, materi untuk aspek menulis adalah menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda disekitar siswa. Kegiatan tersebut menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran agar siswa mampu mengembangkan kreatifitas dan ide dalam menulis. Untuk mencapai hal itu, guru harus lebih inovatif dalam menyampaikan pembelajaran agar tercapai tujuan dari pembelajaran tersebut. Salah satu cara adalah dengan menggunakan permainan puzzle sebagai media pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan racangan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan prosedur pelaksanaan dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Peneliti dalam pelaksanaan tindakan adalah sebagai observer, sedangkan guru kelas adalah sebagai pelaksana tindakan. Subyek penelitian tindakan siswa kelas II SD Pohgajih 1 berjumlah 18 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis deskripsi. Hal tersebut dilihat dari hasil evaluasi pada pretes siswa, tidak ada satupun siswa yang mencapai tingkat ketuntasan. Selanjutnya pada siklus I meningkat sebanyak 53% siswa atau sekitar 9 siswa mencapai tingkat ketuntasan. Pada pretes siklus II, sejumlah 10 siswa tuntas engan prosentase 55% dan berikutnya pada postes siklus II 18 siswa mencapai ketuntasan dengan prosentase 100%.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media puzzle di SDN Pohgajih 1 dapat menciptakan pembelajaran yang santai, menarik dan nyaman yang dapat meningkatkan keaktifan siswa, (2) adaya peningkatan kemampuan siswa terbukti dari hasil pretes, postes siklus I, pretes II dan postes pada sikus II.

Berdasarkan penelitian tersebut dimemukakan saran bagi: (1) guru hendaknya mererapkan media permainan puzzle dalam pembelajaran terutama pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas II, (2) kepala sekolah hendaknya memberi kesempatan kepada guru untuk mengujicobakan metode dan media yang inovatif yang berguna bagi peserta didik, (3) bagi peneliti lain hendaknya menindaklanjuti karya ilmiah ini dengan ruang lingkup dan kajian yang lebih luas.