SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA GAME ANIMASI INTERAKTIF UNTUK ANAK USIA KANAK-KANAK DI TK MUSLIMAT NU 12 BLIMBING MALANG

Permadi Nugroho Haryo Prayogo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prayogo, Permadi Nugroho Haryo. 2011. Pengembangan Media Animasi Interaktif Untuk Anak Usia Kanak-Kanak di TK Muslimat NU 12 Blimbing Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulthoni, M.Pd dan (II) Dra. Susilaningsih

 

Kata Kunci : Pengembangan, Media Animasi Interaktif, Taman Kanak-Kanak

 

Pengembangan media animasi interaktif untuk usia kanak-kanak ini merupakan suatu media yang dapat menjadi salah satu alternatif pilihan lain dalam memberikan suatu pembelajaran, yang dulunya hanya memakai benda-benda 2 dan 3 dimensi. Pembelajaran yang hanya memakai benda 2 atau 3 dimensi membuat anak merasa bosan karena bertemu dan menggunakan media yang selalu sama. Hal ini membuat anak kurang konsentrasi dalam mengkap pelajaran yang diberikan oleh guru.

Kondisi nyata di TK Muslimat NU 12 Blimbing Malang memiliki fasilitas seperti komputer, namun fasilitas tersebut belum maksimal pemanfaatannya dalam pembelajaran. Oleh karena itu media pembelajaran berbasis komputer ini dapat menjadi salah satu pilihan guru dalam memberikan materi tentang puzzle, maze, berhitung 1-10 dan mengenal warna dalam bahasa inggris. Dengan begitu anak-anak akan merasa senang dan lebih terpacu dalam belajar dengan menggunakan media pembelajaran ini.

Tujuan dari pengembangan ini adalah membuat media game animasi interaktif yang berbasis komputer di TK Muslimat NU 12 Malang dan membantu tingkat pemahaman siswa taman kanak-kanak terhadap pelajaran maze, puzzle, perbedaan warna, serta menghitung benda.

Subyek uji coba dalam pengembangan ini adalah siswa TK Muslimat NU 12 Blimbing Malang kelompok B dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif yang bersumber dari angket yang diisi oleh ahli media, ahli materi, serta tabel pengamatan.

Hasil pengembangan ini berupa CD pembelajaran animasi interaktif. Media pembelajaran ini telah divalidasikan kepada ahli media, ahli materi, dan hasil dari pengamatan terhadap siswa yang memakai media ini. Adapun hasil uji coba yang telah dilakukan yaitu (1) ahli media didapatkan skor persentase sebesar 85% berdasarkan pada kriteria kelayakan, media ini dikatakan sangat valid (2) ahli materi didapatkan skor persentase sebesar 87.5% berdasarkan pada kriteria kelayakan, media ini dikatakan sangat valid (3) uji coba perseorangan didapatkan skor persentase sebesar 75% berdasarkan pada kriteria kelayakan media ini dikatakan valid (4) uji coba kelompok kecil didapatkan skor persentase sebesar 84% berdasarkan pada kriteria kelayakan media ini dikatakan sangat valid (5) uji coba lapangan didapatkan skor persentase sebesar 75.45% berdasarkan pada kriteria kelayakan media ini dikatakan valid.

Kesimpulan dari pengembangan ini adalah media game animasi interaktif untuk anak usia kanak-kanak dapat digunakan dalam pembelajaran dan ddapat membantu siswa dalam memahami puzzle, maze, berhitung 1-10, serta dapat menyebutkan 12 warna dalam bahasa inggris. Saran pengembangan ini adalah (1) bagi sekolah, dengan adanya media berbasis komputer ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk menambah media lainnya sehingga dapat menunjang kegiatan belajar siswa. (2) bagi guru, sebelum menggunakan media berbasis komputer ini, guru diharapkan memahami terlebih dahulu petunjuk pemanfaatan yang telah disediakan agar proses belajar dapat berjalan lancar. (3) bagi siswa, sebelum menggunakan media berbasis komputer ini diharapkan siswa memperhatikan guru dengan seksama dalam memberikan perintah-perintah yang berhubungan dengan media ini. (4) bagi pengembang selanjutnya, hendaklah lebih memperhatikan pemilihan materi, pemilihan software, komposisi warna dan gambar, kejelasan gambar, pemilihan backsound serta soundeffect, dan penggunaan animasi agar dapat menghasilkan media yang layak untuk disajikan.