SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Presentasi Pelajaran IPA SD Kelas IV Semester 1 di SDN Tanjungrejo 3 Malang

Firdausul Hikmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hikmah, Firdausul. 2011. Pengembangan Multimedia Presentasi Pelajaran IPA SD Kelas IV Semester 1 di SDN Tanjungrejo 3 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Zainul Abidin, M.Pd dan (II) Dra. Susilaningsih

 

Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia, Presentasi, Ilmu Pengetahuan Alam

 

SDN Tanjungrejo 3 merupakan salah satu sekolah yang memiliki potensi dikembangkannya multimedia presentasi, karena di sekolah tersebut tersedia sarana belajar yang memadai yakni laboratorium yang dilengkapi perlengkapan multimedia seperti komputer, LCD Proyektor, dan speaker. Selain itu guru di SD tersebut juga memiliki kemampuan untuk mengoperasikan perlengkapan multimedia. Namun pada mata pelajaran IPA Kelas IV Semester 1 yang membahas beberapa materi pokok antara lain: (1) penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan, (2) daur hidup makhluk hidup dan pemeliharaan hewan, dan (3) saling ketergantungan antar makhluk hidup, sekolah hanya memberikan sumber belajar dari buku cetak dan LKS, berdasarkan wawancara dengan guru IPA kelas IV hal ini dapat membuat kelas menjadi kurang kondusif, sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik, untuk itu perlu media yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan. Ketiga materi pokok tersebut termasuk dalam tujuan pembelajaran kognitif dan jenis materi fakta, konsep, dan prosedur. Untuk mencapai tujuan pembelajaran dari materi pokok tersebut diperlukan media yang sesuai dengan tujuan, materi pembelajaran, dan pengalaman belajar siswa maka media yang dapat dijadikan alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran pada materi pokok tersebut adalah multimedia presentasi.

Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, gambar, dan suara menjadi satu kesatuan penyajian, sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa. Program ini dapat mengakomodasi siswa yang memiliki tipe visual, auditif maupun kinestetik. Selain itu, media ini dapat menggantikan kegiatan guru yang ceramah di depan kelas karena dalam menggunakan media ini guru hanya mengoperasikan media sesuai dengan petunjuk pemanfaatan media. Namun, media ini memiliki keterbatasan karena media ini memerlukan perangkat multimedia, maka apabila alat pendukung tidak ada maka media tidak dapat digunakan. Selain itu karena media ini memerlukan peralatan elektronik maka apabila listrik padam maka media ini tidak dapat digunakan.

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan multimedia presentasi pelajaran IPA pada materi pokok: (1) penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan, (2) daur hidup makhluk hidup dan pemeliharaan hewan, dan (3) saling ketergantungan antar makhluk hidup yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan.

Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini adalah siswa SD Negeri Tanjungrejo 3 kota Malang kelas IV. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dari validasi ahli media, ahli materi dan siswa dan dari hasil pretest dan posttest. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa CD Multimedia Presentasi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Kelas IV Semester 1 yang disertai buku petunjuk pemanfaatannya. Media tersebut divalidasikan pada ahli media, ahli materi dan siswa. Hasil validasi tersebut adalah (1) data ahli media pada kriteria kelayakan media dikatakan valid/layak digunakan dengan hasil persentase 97,5%, (2) data ahli materi pada kriteria kelayakan media dikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil persentase 95%, (3) data siswa perseorangan hasil persentase yang diperoleh adalah 93% sehingga pada kriteria kelayakan media dikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran, (4) data siswa kelompok kecil hasil yang diperoleh adalah 91% sehingga pada kriteria kelayakan media dikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran, (5) data siswa lapangan hasil yang diperoleh adalah 91,2% sehingga pada kriteria kelayakan media dikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran, (6) pada data hasil pretest dan posttest perseorangan terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata 28%, (7) pada data hasil pretest dan posttest kelompok kecil terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata 21%, (8) pada data hasil pretest dan posttest lapangan terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata 16% .

Dengan demikian menurut kriteria kelayakan multimedia presentasi yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah multimedia presentasi yang dikembangkan termasuk valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran. Saran pengembangan ini adalah: (1) bagi guru mata pelajaran hendaknya mulai menggunakan multimedia presentasi dan harus mempelajari petunjuk pemanfaatan agar pemanfaatan dapat berjalan dengan lancar, (2) bagi siswa dalam menggunakan media pembelajaran ini harus dapat mengondisikan diri sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar, (3) bagi pengembang selanjutnya, multimedia presentasi ini hendaknya dikembangkan lebih baik lagi, tepat guna, dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.