SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh strategi pembelajaran problem solving dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa program S1-PGSD Universitas Terbuka UPBJJ-UT Malang

Laili Rahmawati

Abstrak


Pembelajaran Konsep Dasar IPA SD merupakan ilmu pasti yang memerlukan pemecahan secara konstruktivistik, didalamnya terdapat langkah-langkah sistematika yang menuntun dan memacu keaktifan mahasiswa untuk berfikir kritis, analitis dan kreatif. Interaksi antara motivasi belajar dan metode/strategi pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar.

Penelitian di UPBJJ-UT Malang Pokjar Kota Kediri bertujuan untuk menguji: (1) perbedaa hasil belajar Konsep Dasar IPA SD antara mahasiswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran problem solving dengan metode ceramah di UPBJJ-UT Malang. (2) perbedaan hasil belajar Konsep Dasar IPA SD antara mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah di UPBJJ-UT Malang. (3) pengaruh interaksi antara metode/strategi pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar Konsep Dasar IPA SD.

Jenis penelitian ini adalah eksperimental kuasi. Dengan menggunakan rancangan faktorial 2X2. Populasi penelitian yaitu mahasiswa UPBJJ-UT Malang Pokjar Kota Kediri, sampel penelitian ditetapkan dengan teknik cluster random sampling. Subjek penelitian adalah 100 orang, 2 kelas diajar melui strategi problem solving dan 2 kelas dengan metode ceramah.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis statistik ANAVA faktorial 2 x 2. uji ANAVA menggunakan bantuan program SPSS 13.00 for windows. Pengujian hipotesis data tersebut dilakukan pada taraf signifikansi 5%.

Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran problem solving dengan metode ceramah materi Konsep Dasar IPA SD. (2) Ada perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah dalam pemelajaran Konsep Dasar IPA SD, dan (3) Ada pengaruh interaksi antara metode/strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Konsep Dasar IPA SD.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa antara strategi pembelajaran problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan metode ceramah. Semakin tinggi motivasi belajar, semakin tinggi pula hasil belajarnya. Dengan demikian strategi pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Konsep Dasar IPA SD.