SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2020

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kemampuan Berfikir Metakognitif pada Mahasiswa S1 PTE Jurusan Teknik Elektro FT UM

Budi Suci Romadhan

Abstrak


RINGKASAN

 

Romadhan, Budi Suci. 2020. Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kemampuan Berfikir Metakognitif pada Mahasiswa S1 PTE Jurusan Teknik Elektro FT UM. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro. M.pd., M.T., Pembimbing (II) Drs. Hari Putranto. M.pd.

 

Kata Kunci : Self Efficacy, Kemampuan Berfikir Metakognitif.

Metakognitif merupakan kemampuan mahasiswa untuk mengontrol bermacam-macam aktivitas kognitif. Mahasiswa yang memiliki metakognitif yang tinggi dapat memperluas cara berfikir dan mengembangkan kemampuan kognitif selama proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya masih ada beberapa mahasiswa S1 PTE yang memiliki kemampuan berfikir metakognitif rendah. Diindikasikan bahwa mahasiswa S1 PTE yang memiliki kemampuan berfikir metakognitif rendah tidak dapat mengembangkan kemampuan kognitif yang dimiliki karena mahasiswa tidak menyadari akan potensi yang ada dalam dirinya sehingga membuat tidak mengetahui akan kemampuan yang dimiliki. Untuk meningkat kemampuan berfikir metakognitif, maka mahasiswa S1 PTE menumbuhkan keyakian dalam diri sendiri akan kemampuan yang dimiliki. Keyakinan tersebut didapat dari self efficacy yang tinggi, dengan self efficacy yang tinggi mahasiswa S1 PTE dapat mengimplementasikan dan mengembangkan kemampuan-kemampuan kognitif yang dimiliki. Peran self efficacy dalam kehidupan mahasiswa S1 PTE adalah membantu untuk menggunakan potensi dirinya secara optimal di dalam proses perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan self efficacy yang dimiliki mahasiswa S1 PTE (X); (2) Mendiskripsikan kemampuan berfikir metakognitif yang dimiliki mahasiswa S1 PTE (Y); (3) Mengungkap hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan kemampuan berfikir metakognitif pada mahasiswa S1 PTE di Jurusan Teknik Elektro FT UM.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa S1 PTE Jurusan Teknik Elektro FT UM dengan total populasi sebanya 71 mahasiswa. Untuk mengukur variabel X dan variabel Y menggunakan kuisioner tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi menggunakan aplikasi IMB SPSS Statistics 23.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) Variabel X dan Y dalam berkategori tinggi, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X dengan Y dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,293 > 0,2718 dan nilai signifikansi 0,013 < 0,05.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah  (1) Variabel X dan Y berkategori tinggi, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X dengan Y.