SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar E-learning pada Mata Kuliah Elektronika Digital dengan Model Pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Wijaya Bagas Andi

Abstrak


ABSTRAK

Wijaya, Bagas Andi. 2019. Pengembangan Bahan Ajar E-learning pada Mata Kuliah Elektronika Digital dengan Model Pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. (2) Dyah Lestari, S.T., M.Eng.

Kata Kunci: Bahan ajar, Challenge Based Learning, E-learning, Elektronika Digital.

Bahan ajar adalah suatu materi yang disusun secara sistematis yang digunakan untuk membantu pengajar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sehingga memudahkan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Challenge based learning adalah model pembelajaran yang berorientasi pada tantangan. E-learning adalah pembelajaran yang memanfaatkan jaringan internet sehingga tercipta sebuah ruang belajar online yang menghubungkan antara dosen dan mahasiswa untuk mengatasi keterbatasan dalam hal waktu, ruang, kondisi, dan keadaan saat pembelajaran di kampus. Mata kuliah Elektronika Digital merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang.

Tujuan dari penelitian pengembangan adalah:

(1) mendiskripsikan bahan ajar e-learning mata kuliah elektronika digital bermuatan challenge based learning untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro;

(2) mengembangkan bahan ajar e-learning mata kuliah elektronika digital bermuatan challenge based learning untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro;

(3) menguji kelayakan bahan ajar e-learning mata kuliah elektronika digital bermuata challenge based learning untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro.

Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian berbentuk model ADDIE yang terdapat lima tahap yakni :

(1) Analysis, dalam tahap ini targer pembelajaran nya ditentukan;

(2) Design, menentukan strategi pembelajaran yang sesuai;

(3) Development, desain yang dilakukan pada tahap sebelumnya ditindak lanjuti dalam tahap pengembanganl

(4) Implementation, berarti pelaksanaan atau penerapan dari beberapa tahap sebelumnya;

(5) Evaluation, bertujuan untuk mengetahui keberhasilan dari suatu rencana pembelajaran.

Bahan ajar ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta diuji cobakan kepada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Kelayakan bahan ajar diketahui berdasarkan hasil angket. Hasil angket oleh ahli materi sebagai uji kelayakan materi memperoleh persentase sebesar 85% (sangat valid), ahli media sebagai uji kelayakan media memperoleh persentase sebesar 96,21% (sangat valid), uji coba sekala kecil memperoleh persentase sebesar 90,75% (sangat valid), dan uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 88,56 (sangat valid). Berdasarkan skor tersebut, bahan ajar dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

ABSTRACT

Wijaya, Bagas Andi. 2019. Development of E-learning Teaching Materials in Digital Electronics Courses with Challenge Based Learning (CBL) Learning Model for S1 Students Electrical Engineering Education , Majoring in Electrical Engineering, State University of Malang. Skripsi, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Supervisor: (1) Dr. H. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. (2) Dyah Lestari, S.T., M.Eng.

Keywords: Teaching materials, Problem Solving, E-learning, Basic and Electrical Measurements

Teaching material is a systematically compiled material that is used to assist teachers in carrying out learning activities so as to facilitate students in the learning process. Challenge based learning is a challenge-oriented learning model. E-learning is learning that utilizes internet networks so as to create an online learning space that connects lecturers and students to overcome limitations in terms of time, space, conditions, and conditions during learning on campus. The Digital Electronics course is one of the compulsory subjects that must be taken by S1 Electrical Engineering Education students at the State University of Malang.

The objectives of the development research are:

(1) to describe e-learning teaching materials with digital challenge-based learning subjects for S1 Electrical Engineering Education students;

(2) developing e-learning teaching materials with digital challenge-based learning subjects for S1 Electrical Engineering Education students;

(3) examine the feasibility of e-learning teaching materials in digital electronics courses using challenge based learning for S1 Electrical Engineering Education students.

In this study using a research model in the form of the ADDIE model which has five stages, namely:

(1) Analysis, in this stage the target of learning is determined;

(2) Design, determine the appropriate learning strategy;

(3) Development, the design carried out in the previous stage is followed up in the development stage

(4) Implementation, meaning the implementation or implementation of the previous stages;

(5) Evaluation, aims to determine the success of a learning plan.

This teaching material has been validated by material experts and media experts and tested on S1 Electrical Engineering Education Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering, State University of Malang. The feasibility of teaching materials is known based on the results of the questionnaire. The results of the questionnaire by material experts as a material feasibility test obtained a percentage of 85% (very valid), media experts as a media feasibility test obtained a percentage of 96.21% (very valid), small scale trials obtained a percentage of 90.75% (very valid), and the field trial obtained a percentage of 88.56 (very valid). Based on these scores, teaching materials are stated to be very valid and suitable for use in learning.