SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kajian Praktik Lapangan (KPL) dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menjadi Guru bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang

Saputra Abdi Kholis

Abstrak


ABSTRAK

Saputra, Abdi Kholis. 2019. Hubungan Kajian Praktik Lapangan (KPL) dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menjadi Guru bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom. (2) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd.

Kata Kunci: kajian praktik lapangan, lingkungan sosial, minat menjadi guru.

Minat menjadi guru adalah rasa ketertarikan terhadap profesi guru. Keinginan yang besar untuk berprofesi sebagai guru dan ingin melakukan tindakan atau upaya untuk menjadi guru mencakup kegiatan menambah pengetahuan yang berkaitan dengan keguruan dan meningkatkan keterampilan menjadi guru. Bagi seorang calon guru, haruslah memiliki minat untuk menjadi seorang guru. Jika seseorang telah memiliki minat sebagai seorang guru, maka orang tersebut akan mempersiapkan dirinya untuk menjadi seorang pendidik yang profesional. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat menjadi guru adalah kajian praktik lapangan dan lingkungan sosial mahasiswa. Pengaruh dari KPL dan lingkungan sosial dapat berpengaruh positif maupun negatif terhadap minat menjadi guru, bergantung dari bagaimana proses yang dijalani mahasiswa pada saat KPL dan seberapa berpengaruhnya lingkungan sosial mahasiswa dalam menumbuhkan minat tersebut.

Tujuan dari penelitian ini adalah:

(1) mendeskripsikan tingkat kajian praktik lapangan mahasiswa;

(2) mendeskripsikan tingkat lingkungan sosial mahasiswa;

(3) mendeskripsikan tingkat keminatan menjadi guru mahasiswa;

(4) mengungkap signifikansi hubungan kajian praktik lapangan dan minat menjadi guru;

(5) mengungkap signifikansi hubungan lingkungan sosial dan minat menjadi guru;

(6) mengungkap signifikansi hubungan secara simultan kajian praktik lapangan dan lingkungan sosial terhadap minat menjadi guru.

Metode penelitian ini menggunakan metode Ex Post Facto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif korelasional untuk mengetahui hubungan dari tiga variabel, yang terdiri dari dua variabel bebas yaitu KPL (X1), lingkungan sosial (X2) dan satu variabel terikat yaitu minat menjadi guru (Y). Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa S1 PTI Angkatan 2015 yang sudah melaksanakan KPL berjumlah 105 mahasiswa. Untuk mengukur kajian praktik lapangan, lingkungan sosial dan minat menjadi guru menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda.

Hasil dari penelitian yaitu:

(1) kajian praktik lapangan berada dalam katagori tinggi yaitu 61%;

(2) lingkungan sosial berada dalam kategori tinggi yaitu 60%;

(3) minat menjadi guru berada dalam kategori tinggi yaitu 64%;

(4) ada hubungan positif dan signifikan antara KPL dengan minat menjadi guru;

(5) ada hubungan positif dan signifikan antara lingkungan sosial dengan minat menjadi guru; dan

(6)ada hubungan positif dan signifikan secara simultan antara KPL dan lingkungan sosial dengan minat menjadi guru. Selain itu, dapat diketahui bahwa sumbangan yang diberikan variabel KPL terhadap minat menjadi guru sebesar 9%, dan variabel lingkungan sosial sebesar 27%, serta sisanya sebesar 67% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.