SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sistem Pembayaran Elektronik Berbasis Payment Gateway PayPal dan Midtrans Pada Aplikasi Web Idbookstore

Amalia Amalia

Abstrak


RINGKASAN

Amalia, Amalia. 2019. Pengembangan Sistem Pembayaran Elektronik Berbasis Payment Gateway PayPal dan Midtrans Pada Aplikasi Web Idbookstore. Skripsi, S1 Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, Pembimbing Dr. Eng. Muhammad Ashar, S.T., M.T.

Kata Kunci: sistem pembayaran elektronik, payment gateway, paypal, midtrans.

Sistem pembayaran elektronik adalah mekanisme pembayaran yang dilakukan melalui internet untuk transaksi pembelian barang dan jasa oleh customer. Dalam menggunakan sistem pembayaran elektronik, user dapat bertransaksi tanpa perlu ke ATM atau bank. Cukup dengan memiliki akun dan mengisi nominal uang yang terbaca secara virtual pada akun. Metode yang diterapkan sistem pembayaran inilah yang dinamakan Payment Gateway, dengan mengotorisasi kartu kredit, debit maupun pembayaran langsung pada bisnis online. Transaksi akan diproses secara aman dan real-time. Pada website Idbookstore masih melakukan kegiatan transaksi dengan membayar melalui transfer di ATM atau Bank terkait yang cukup menyulitkan calon pembeli.

Salah satu sistem pembayaran yang popular adalah PayPal, di mana klien dapat bertransaksi tanpa perlu ke ATM atau bank. Cukup dengan memiliki akun PayPal dan mengisi nominal uang yang terbaca secara virtual. Jika di luar negeri memiliki PayPal sebagai salah satu payment gateway yang banyak digunakan, maka di Indonesia terdapat payment gateway Midtrans. Beberapa e-commerce terbaik di Indonesia telah memanfaatkan payment gateway ini, seperti Bukalapak, Traveloka, Tokopedia, Citilink, dan lain-lain. Midtrans menawarkan banyak pilihan metode pembayaran yang dapat digunakan merchant. Terlebih lagi, saat ini Midtrans memperluas jangkauan bisnis dengan menerima transaksi dari pengguna GO-PAY via desktop maupun smartphone.

Penelitian ini mencoba untuk mengembangkan sistem e-payment pada website Idbookstore yang terintegrasi dengan payment gateway yaitu PayPal dan Midtrans. Kemudian, dilakukan pengujian terhadap user untuk menilai kelayakan sistem baru serta peneliti dapat mengetahui metode pembayaran yang sering digunakan oleh user Idbookstore. Sehingga, metode pembayaran tersebut dapat direkomendasikan kepada developer untuk dijadikan metode pembayaran resmi Idbookstore. Menurut hasil pengujian UAT, metode pembayaran yang disediakan Midtrans lebih memudahkan user dibandingkan PayPal, dikarenakan adanya fitur pembayaran melalui GO-PAY. Selain itu, Midtrans juga menyediakan beberapa metode pembayaran yang lebih sesuai dengan pola pembayaran pembeli di situs web Idbookstore. Sehingga Midtrans lebih disarankan untuk dijadikan payment gateway untuk memfasilitasi kebutuhan pelayanan pembayaran website Idbookstore.