SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Manajemen Energi Bermuatan Critical Thinking Skills Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Ahmadi Bagas Sadewa

Abstrak


ABSTRAK

Ahmadi, Bagas Sadewa. 2019. Pengembangan Buku Ajar Manajemen Energi Bermuatan Critical Thinking Skills Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Arif Nur Afandi, S.T., M. T., Ph.D., (II) Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T.

Kata Kunci: Buku ajar, Manajemen Energi, Critical Thinking Skills, Problem Based Learning.

Proses pembelajaran di universitas mempunyai beberapa tujuan seperti peningkatan kemampuan pedagogik mahasiswa. Kemampuan ini mempengaruhi beberapa hal seperti kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu perlu dikembangkan buku ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang selaras dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis, terutama untuk mata kuliah Manajemen Energi. Manajemen Energi merupakan salah satu program matakuliah yang ada pada jurusan Teknik Elektro yang didalamnya mempelajari tentang pengaturan segala aspek pengolahan energi. Tujuan dari pembuatan penelitian ini yaitu untuk mempermudah mahasiswa dalam memperoleh materi dalam proses pembelajaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang, mengembangkan, dan menguji kelayakan buku ajar Manajemen Energi untuk S1 Teknik Elektro jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu:

(1) Analysis (analisis),

(2) Design (desain),

(3) Development (pengembangan),

(4) Implementation (implementase),dan

(5) Evaluation (evaluasi).

Hasil dari pengembangan buku ajar yang terdiri dari, teks, gambar, peta konsep, rangkuman, tes formatif, daftar pustaka, dan glosarium telah divalidasi oleh dosen Teknik Elektro Universitas Negeri Malang yang menguasai dibidang manajemen energi dan diujicobakan kepada mahasiswa S1 Teknik Elektro angkatan 2015. Validasi buku ajar menggunakan teknik penyebaran angket. Hasil penyebaran angket yang telah dilakukan pada buku ajar dinyatakan valid, sehingga layak digunakan sebagai sumber rujukan pembelajaran Manajemen Energi. Hal ini didukung melalui hasil persentase validasi oleh kedua validator sebesar 91% dan 76,28%, hasil validasi uji coba kelompok kecil sebesar 85,83%, dan hasil validasi uji coba kelompok besar yaitu 81,18%. Dari persentase tersebut dapat dikatakan bahwa produk buku ajar bisa digunakan atau layak jika digunakan sebagai reverensi belajar atau sebagai bahan ajar Manajemen Energi.