SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem Rekomendasi Pemilihan Gedung Serbaguna Menggunakan Kombinasi Metode Analytichal Hierarchy Procces (AHP) dan Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) Di Kota Malang.

Gamma Fitrian Permadi

Abstrak


RINGKASAN

Gamma Fitrian P. 2019. Sistem Rekomendasi Pemilihan Gedung Serbaguna Menggunakan Kombinasi Metode Analytichal Hierarchy Procces (AHP) dan Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) Di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Triyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T (II) Irawan Dwi Wahyono, S.T., M.Kom.

Kata Kunci : Rekomendasi, Gedung Serbaguna, Analytichal Hierarchy Procces, Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution,, Malang

Malang saat ini menjadi kota yang berkembang dengan pesat. Hal ini di dukung dengan berkembangnya pembangunan sarana dan prasarana serta pertumbuhan penduduk kota Malang. Pertumbuhan penduduk tersebut berdampak pada banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut menurut tempat pelaksanaannya dapat dibagi menjadi 2 yaitu kegiatan indoor dan outdoor. Dalam kegiatan indoor, diperlukan sebuah gedung untuk menampung kegiatan tersebut baik acara pribadi ataupun orgasnisasi. Namun banyak masyarakat yang tidak tahu letak serta informasi-informasi tentang gedung tersebut. Saat ini untuk mengetahui informasi gedung tersebut, pada umumnya masyarakat mencari informasi dengan mendatangi gedung tersebut. Pencarian informasi tersebut akan memakan biaya, waktu, dan tenaga, dan hal ini akan membingungkan pengguna untuk menentukan pilihannya karena tidak semua informasi sarana dan prasarana gedung diketahui. Tujuan penelitian ini adalah untuk merekomendasikan gedung serbaguna yang sesuai dengan keinginan masyarakat.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan waterfal, dengan tahapan meliputi:

(1) Analisis Sistem,

(2) Design,

(3) Implementasi,

(4) Testing. Proses pengumpulan data dilakukan dengan survei terhadap 20 gedung serbaguna di Kota Malang. Setelah data didapat maka dilakukan pengelompokkan data sesuai dengan bobot yang akan digunakan didalam perhitungan metode. Sistem ini menggunakan kombinasi dari algoritma Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk perhitungan bobot, dan Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk perhitungan perangkingan data gedung. Pengujian pada sistem ini meliputi uji sensitivitas dan akurasi berdasarkan perbandingan perankingan survei menurut orang dengan ranking sistem.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata- rata sensitivitas dengan lima uji coba adalah 0,00352 dan akurasi sistem sebesar 70 %. Berdasarkan hasil tersebur menunjukkan bahwa sistem yang dibuat dengan menerapkan metode AHP-TOPSIS dapat digunakan untuk melakukan rekomendasi.