SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Broadcasting (Videografi) terhadap Pembentukan Skill Mata Pelajaran Produktif Bidang Multimedia di SMK Cendika Bangsa Malang

Nur Saadatus Sa'diyah

Abstrak


ABSTRAK

Sa’diyah, N.S. 2019. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Broadcasting (Videografi) terhadap Pembentukan Skill Mata Pelajaran Produktif Bidang Multimedia di SMK Cendika Bangsa Malang dengan Metode CIPP. Proposal Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom., (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T.,M.T.

Kata Kunci: CIPP, Ekstrakurikuler, Videografi, Multimedia, SMK Cendika Bangsa

Semakin berkembangnya dunia teknologi di ranah remaja semakin menuntut siswa untuk paham dan tau tentang berbagai peralatan multimedia, misalnya foto, video dan lain-lain Dengan adanya ekstrakurikuler broadcasting Videografi diharapkan mampu menambah wawasan atau skill siswa yang dirasa sangat kurang pada komponen kurikulum SMK jurusan Multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler broadcasting (videografi) terhadap pembentukan skill mata pelajaran produktif bidang Multimedia di SMK Cendika Bangsa Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu CIPP yang meliputi empat aspek yaitu context, input, process, dan product. Jenis dan data analisis pada penelitian menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan empat instrumen yaitu wawancara, observasi, studi dokumen dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan:

(1) tujuan dan latar belakang ekstrakurikuler sudah sesuai dengan Permendikbud tentang ekstrakurikuler di SMK dan sejauh ini berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan.,

(2) sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah sudah mendukung kegiatan ekstrakurikuler, tata tertib yang ditetapkan oleh sekolah sudah dipatuhi oleh siswa meskipun masih ada beberapa siswa yang masih melanggar.,

(3) materi yang diberikan pada ekstrakurikuler broadcasting sudah sesuai dengan kurikulum dan pembina ekstrakurikuler sudah memenuhi standar kompetensi.,

(4) product yang dihasilkan oleh siswa sangat banyak meliputi iklan layanan masyarakat, iklan komersil, film dokumenter, iklan media cetak, media interaktif, dan lain-lain. Kegiatan ekstrakurikuler broadcasting tidak hanya menumbuhkan dan mengembangkan skill siswa, tetapi juga meningkatkan mindset tentang dunia kerja, sehingga siswa bisa mandiri.