SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL ELEKTROMEKANIK DAN ELEKTRONIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE (PR) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA SIMULASI PADA SISWA KELAS XI TOI SMKN 1 SINGOSARI

Nisak Amin Khoirun

Abstrak


ABSTRAK

Nisak, Amin Khoirun. 2019. Perbedaan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik melalui Penerapan Model Pembelajaran Pictorial Riddle (PR) dan Problem Based Learning (PBL)  Berbantuan Media Simulasi Pada Siswa Kelas XI TOI SMKN 1 Singosari. Skripsi.S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro.Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Yuni Rahmawati, S.T. M.T., (2) Drs. Hari Putranto, M.Pd.

Kata Kunci : Pemahaman konsep, Pictorial Riddle, Problem Based Learning, Media Simulasi

Model pembelajaran merupakan bagian dari aspek penting dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru harus mempertimbangkan model pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran didalam kelas agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Selain itu, untuk menunjang keberhasilan pembelajaran juga diperlukan adanya media pembelajaran. Bersasarkan hal tersebut pada pembelajaran mata pelajaran Sistem Kontrol Elektromeknik dan Elektronik (SKEE) perlu adanya penerapan model pembelajaran dan media yang cocok agar hasil belajar siswa diperoleh dengan baik. Hasil belajar yang baik mencakup berbagai indikator, salah satunya adalah siswa memiliki kemampuan memahami konsep dengan baik. Pemahaman konsep merupakan aspek pembelajaran yang perlu diperhatikan karena siswa akan dapat menghadapi dan menyelesaikan suatu masalah jika siswa mampu memahami konsep dengan baik. Oleh karena itu model pembelajaran yang ditawarkan adalah Pictorial Riddle dan Problem Based Learning. Model-model tersebut dapat juga diiringi penggunaan media pembelajaran berbasis media simulasi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuantitatif dengan tipe quasi experiment dan pola non equivalent group design yang menggunakan pretest posttest. Subyek penelitian yang digunakan ialah siswa kelas XI TOI 1 dan XI TOI 2 yang masing-masing kelas berjumlah 35 orang. Kelas XI TOI 1 sebagai kelas ekserimen 1 yang diberi perlakuan model Pictorial Riddle dan kelas XI TOI 2  kelas ekserimen 2 yang diberi perlakuan model Problem Based Learning.

Hasil uji t diperoleh sebesar 0,012 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. artinya terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan model Pictorial Riddle dan kelas ekserimen 2 yang diberi perlakuan model Problem Based Learning. Hasil ini diperoleh dari aspek penilaian berupa tes dengan tingkat keyakinan jawaban siswa.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep pada kedua kelas eksperimen dengan diterapkannya model pembelajaran Pictorial Riddle berbantuan media simulasi dan Problem Based Learning berbantuan media simulasi pada mata pelajaran Sistem Kontrol Elektomekanik dan Elektronik dengan nilai signifikansi 0,012.