SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dibandingkan Dengan Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Modul Digital Pada Kelas X Multim

Fikris Ramadhani

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TSTS , (2) mendeskripsikan hasil beajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD, (3) mendeskripsikan keaktifan belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TSTS, (4) mendeskripsikan keaktifan belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD, (5) mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran TSTS dan STAD, (6) mengetahui signifikansi perbedaan keaktifan belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran TSTS dan STAD.
Metode penelitin inimenggunakan Quasi Experiment dengan pretest dan
posttest. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kelas A yang menerapkan model TSTS dan Kelas B yang menerapkan model STAD. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keaktifan, lembar observasi keterampilan, dan soal pretest dan posttest yang berupa multiple choice.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ranah pengetahuan dengan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) = 0,416 dan keterampilan Sig. (2-tailed) = 0,530 karena model pembelajaran TSTS dan STAD sama-sama dapat meningkatkan hasil belajar. Namun terdapat perbedaan yang signifikan pada keaktifan belajar siswa dengan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) = 0,000.Secara keseluruhan pada aspek hasil belajar ranah pengetahuan, keterampilan dan keaktifan belajar siswa bahwa Kelas A yang menerapkan model TSTS memiliki rata-rata nilai lebih tinggi daripada Kelas B yang menerapkan model STAD karena model pembelajaran TSTS memiliki tahapan pembelajaran yang lebih aktif.