SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem Sortir Buah Apel Manalagi Berbasis Image Processing Berdasarkan Warna dan Ukuran Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan

Prasetyo Dedy Tri

Abstrak


ABSTRAK

Prasetyo, Dedy Tri. 2019. Sistem Sortir Buah Apel Manalagi Berbasis Image Processing Berdasarkan Warna dan Ukuran Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan . Skripsi Prodi S1 Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muladi, S. T., M. T. (II) Dyah Lestari, S. T., M. Eng.

Kata Kunci : Buah Apel, Konveyor, Image Processing, Jaringan Syaraf Tiruan

Perkembangan teknologi saat ini yang pesat dan kemajuan sistem otomasi industri yang semakin akrab dengan kehidupan sehari-hari manusia, terutama dalam dunia industri yang mengutamakan sistem kontrol otomatis yang dapat dikendalikan maupun dimonitoring baik jarak dekat maupun jarak jauh. Dengan perkembangan teknologi ini dapat membantu efisiensi proses produksi pada industri dan juga dapat menekan biaya produksi. Sistem otomasi industri banyak diaplikasikan pada industri karena pemakaiannya yang efektif dan praktis. Salah satu alatnya berupa konveyor, konveyor sangat banyak digunakan pada industri karena praktis digunakan sebagai penyortir sebuah benda pada industri. Umumnya , sortir buah di Indonesia khususnya bagi para petani masih dilakukan secara manual, dan standart mutu yang digunakan tidak sama sehingga akan membedakan tingkat kualitas standarisasi buah yang berbeda-beda. Satu cara untuk meningkatkan nilai ekonomis buah terutama untuk pasar ekspor, maka perlu penanganan pascapanen yang baik dalam tahap penyortiran sehingga antara buah dengan kualitas besar, sedang, kecil dan busuk dapat terpilah dengan baik.

Sistem sortir buah apel berbasis image processing merupakan alat bantu untuk mempermudah proses penyortiran (pengelompokan) buah apel yang berkerja secara otomatis. Dalam proses perencanaan pembuatan alat ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu :

(1) Proses perancangan dan perencanaan alat,

(2) Pembuatan alat,

(3) Hasil pengujian alat. Alat penyortir dikembangkan menggunakan mikrokontroler Arduino Uno Atmega328P sebagai pemroses sebuah input/output, konveyor berfungsi sebagai penyortir buah apel, kamera berfungsi sebagai pendeteksi ukuran buah apel tergolong besar, sedang, kecil dan busuk berdasarkan diameter pixel buah. Motor servo metal gear digunakan untuk menggerakkan palang pintu yang digunakan sebagai pemisah buah apel yang telah disortir berdasarkan diameter buah.

Dari hasil pengujian, sistem sortir yang dikembangkan dapat mengklasifikasi buah apel layak konsumsi dan tidak layak konsumsi. Dari 20 buah sampel uji hanya terdapat 2 buah yang tidak sesuai dengan target. Sehingga akurasi sistem sortir yang dikembangkan dengan jaringan syaraf tiruan diperoleh sebesar 90%. Dapat disimpulkan bahwa sistem sortir dengan menggunakan image processing berdasarkan jaringan syaraf tiruan memiliki akurasi yang sangat baik.