SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Ajar Pemodelan Perangkat Lunak Bermuatan Project Based Learning Pada Siswa SMK Kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Negeri 8 Malang

Firdianto Nadhira Eka Putri

Abstrak


ABSTRAK

Firdianto, Nadhira Eka Putri. 2018. Pengembangan Modul Ajar Pemodelan Perangkat Lunak Bermuatan Project Based Learning Pada Siswa SMK Kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Negeri 8 Malang. Skripsi, Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd (II) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Project Based Learning, Pemodelan Perangkat Lunak, Modul Ajar

Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Merancang modul cetak Pemodelan Perangkat Lunak program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas XI sesuai dengan standar kompetensi pada Kurikulum 2013, 2) Mengembangkan produk yaitu suatu modul pembelajaran pemodelan perangkat lunak berbasis project based learning bagi siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 8 Malang, 3) Menguji kelayakan modul cetak Pemodelan Perangkat Lunak yang digunakan dalam proses pembelajaran Pemodelan Perangkat Lunak di SMK Negeri 8 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Sugiyono yang meliputi:

1) Potensi dan masalah,

2) Pengumpulan data,

3) Desain Produk,

4) Validasi desain,

5) Revisi Desain,

6) Uji coba produk,

7) Revisi produk,

8) Uji coba pemakaian,

9) Revisi Produk,

10) Produksi masal. Akan tetapi tahap produksi masal tidak dilakukan karena penelitian hanya dilakukan pada lingkup satu sekolah saja. Subjek penelitian ini meliputi satu dosen sebagai ahli media, satu guru mata pelajaran sebagai ahli materi, serta siswa kelas XI RPL SMK Negeri 8 Malang. Objek yang diteliti pada penelitian ini adalah modul pembelajaran pemodelan perangkat lunak. Instrumen yang digunakan dalam menilai kelayakan modul berbentuk kuesioner atau angket. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif.

Penelitian pengembangan ini menghasilkan :

1) Produk berupa modul cetak  pemodelan perangkat lunak bagi siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 8 Malang.

2) Penelitian pengembangan ini menghasilkan tingkat kelayakan modul pembelajaran yang dinilai berdasarkan ahli materi, ahli media, dan respon siswa. Dari ahli materi didapatkan nilai rata–rata 88,05%, sedangkan untuk ahli media didapatkan nilai rata-rata 91,67%. Uji coba skala kecil diambil dari 8 siswa yang diambil secara acak, didapatkan nilai rata-rata 86,90%, kemudian dalam uji coba skala besar atau pemakaian yang terdiri dari 33 siswa didapatkan nilai rata-rata 89,00%. Secara keseluruhan bahan ajar ini dikatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kelas XI RPL Semester Ganjil di SMK Negeri 8 Malang.