SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Development of Educational Video Media About Thermal Electricity Power Generation Courses at the Department of Electrical, State University of Malang

maárif agus achmad syamsul

Abstrak


RINGKASAN

Ma’arif, Agus Achmad Syamsul. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Tentang Pusat Listrik Tenaga Thermal Dalam Matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd., (II) Drs. Hari Putranto, M.Pd.

Kata Kunci: video, media pembelajaran, pusat listrik tenaga thermal

Video merupakan bahan ajar noncetak yang kaya akan informasi dan tuntas karena dapat sampai ke hadapan mahasiswa secara langsung. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar  adalah video pembelajaran. Video pembelajaran dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi karena dapat mengilustrasikan dalam bentuk animasi sehingga bisa mempermudah mahasiswa untuk memahami materi yang disampaikan. Matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik merupakan salah satu matakuliah di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang yang mengharuskan mahasiswa mengerti tentang jenis dan karakteristik pembangkit listrik, namun masih terkendala sarana dan prasarana di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang masih kurang memadai, oleh karena itu penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk membuat media video pembelajaran yang menjelaskan tentang materi Pusat Listrik Tenaga Thermal.

Pengembangan media video pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Arief S. Sadiman. Tahapan-tahapan pada model pengembangan ini adalah:

(1) identifikasi kebutuhan;

(2) analisis tujuan;

(3) pengembangan materi;

(4) penyusunan petunjuk pemanfaatan;

(5) produksi;

(6) validasi;

(7) revisi. Media video pembelajaran yang telah selesai kemudian di uji cobakan kepada responden. Responden uji coba ini adalah Mahasiswa Universitas Negeri Malang Program Studi Pendidikan Teknik Elektro yang sedang atau telah menempuh matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik, selain itu media video pembelajaran juga divalidasikan kepada para ahli. Hasil uji coba dan validasi ini yakni data kuantitatif berupa skoring dan data kualitatif berupa saran yang diberikan. Setelah media video pembelajaran divalidasi kemudian direvisi agar dihasilkan media video pembelajaran yang sesuai dengan materi terkait.

Berdasarkan analisis keseluruhan hasil pengambilan data dapat disimpulkan bahwa hasil validasi media video pembelajaran Pusat Listrik Tenaga Thermal memperoleh hasil dari para ahli I 92,19%, ahli II 92,97%, dan responden 87,24%. Dengan presentase hasil validasi tersebut media video pembelajaran Pusat Listrik Tenaga Thermal sangat layak dan dapat digunakan pada proses pembelajaran karena hasil yang diperoleh diatas 85,01%.

SUMMARY

Ma’arif, Agus Achmad Syamsul. 2019. Development of Educational Video Media About Thermal Electricity Power Generation Courses at the Department of Electrical, State University of Malang. Thesis. Electrical Engineering Major, Faculty of Engineering, State University of Malang. Advisors: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd., (II) Drs. Hari Putranto, M.Pd.

Keyword: video, instructional media, thermal power plant

Video is a non-printed teaching material containing rich and complete information as it is able to reach students directly. One of the media that can be used to support  teaching and learning process is educational videos. Educational videos are able to help students understand the material as it is illustrating in the form of animation so that it is able to facilitate students to digest the material presented. The Power Station is one of the courses available in the Department of Electrical of State University of Malang, which requires students to understand the types and characteristics of power plants, but still constrained by facilities and infrastructure in the stated department of State Univeesity of Malang, this research and development aims to create an educational video that explains the material of Thermal Power Plants.

The development of this educational video uses Arief S. Sadiman's development model. The stages in this development model are:

(1) identifying the needs;

(2) analyzing objective;

(3) developing material;

(4) preparing the utilization instructions;

(5) producting;

(6) validating;

(7) revising. The educational video that had been finished was then tested on the respondents. The respondents are students of Department of Electrical, State University of Malang, who were taking or had taken the Power Generation course, also this educational video media was also validated to experts. The results of the trial and validation are quantitative data in the form of scoring and qualitative data in the form of suggestions given. After the educational video media was validated, it was then revised to produce educational video media that was related material.

Based on the analysis of the overall data retrieval result, it concludes that the results of the validation of educational video media Thermal Power Center, obtained results from expert I 92.19%, expert II 92.97%, and respondents 87.24%. With the percentage of the validation results, the learning video media for the Thermal Power Center is very feasible and can be used in the learning process because the results obtained are above 85.01%.