SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Program Praktik Industri dengan Menggunakan Model Discrepancy Evaluation Model (DEM) pada Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 5 dan SMK PGRI 3 Kota Malang

Aiza Nabila Hasan

Abstrak


Dalam UU Sisdiknas tahun 2003 pasal 3 tentang Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal (15) menyatakan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Berdasarkan pasal diatas, maka tersusunlah Program Praktik Kerja Industri (Prakrin).

Akan tetapi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan prakerin di SMK  Kota Malang saat ini menurut pengamatan yang dilakukan oleh peneliti melalui observasi ke sekolah yaitu adanya kesenjangan antara tujuan dan hasil prakerin. Maka dibutuhkannya solusi untuk menjawab kendala yang dihadapi tersebut. Oleh karna itu evaluasi program pun hadir untuk memberikan solusi.

Metode dalam penelitian ini menggunakan metode discrepancy evaluation model (DEM). Jenis dan data analisis penelitian ini termasuk dalam penelitian campuran atau kuantitatif dan kualitatif. ada empat tahapan pada penelitian ini yakni desain, instalasi, proses dan hasil. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ada 4 jenis yaitu kuisoner, wawancara, observasi dan analisis dokumen. Analisis data meliputi deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) tidak adanya kesenjangan pada tahap desain oleh SMK PGRI 3 dan SMKN 5 malang, (2) adanya kesenjangan terhadap implementasi program prakatik kerja industri karna ada berberapa aspek standar yang telah ditetapkan belum dapat dipenuhi. Kesenjangan yang timbul menjurus pada indikator tujuan prakerin, dukungan pelaksanaan prakerin, fungsi prakerin dan ketentuan prakerin sedangkan tidak adanya kesenjangan pada tahap implementasi oleh SMK PGRI 3Malang,  (3) terdapatnya kesenjangan terhadap proses program praktik kerja industri oleh pihak SMK PGRI 3 Malang dalam indikator waktu pelaksanaan, sedangkan tidak adanya kesenjangan pada tahap proses oleh SMKN 5 Malang,  (4) tidak adanya kesenjangan terhadap proses program praktik kerja industri karna semua aspek standar sudah terpenuhi atau sudah dijalankan oleh pihak SMKN 5 Malang dan SMK PGRI 3 Malang.