SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-book pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Kelas XI di Jurusan Multimedia SMKN 5 Malang

Nugroho Hario Muttaqin Yuda

Abstrak


ABSTRAK

Nugroho, Hario Muttaqin Yuda. 2018. Pengembangan E-book pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Kelas XI di Jurusan Multimedia SMKN 5 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Hary Suswanto, S.T., M.T. (II) Triyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T.

Kata Kunci: e-book, desain grafis percetakan.

Pengembangan ini didasari oleh media pembelajaran yang digunakan saat ini dinilai masih kurang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Kebanyakan peserta didik masih belum memahami pembelajaran yang diterapkan dengan menggunakan e-book yang ada saat ini dikarenakan media yang ada masih belum mencakup semua materi yang dibutuhkan dengan baik. Pengembangan ini digunakan pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan pada kelas XI di SMKN 5 Malang. Tujuan dari pengembangan ini adalah:

(1) untuk mengembangkan e-book sebagai penunjang kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Desan Grafis Percetakan kelas XI Multimedia di SMK Negeri 5 Malang,

(2) untuk meningkatkan penguasaan atau pemahaman peserta didik mengenai materi Desain Grafis Percetakan melalui e-book yang dikembangkan, dan

(3) untuk meningkatkan  efisiensi media yang dikembangkan pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental dengan model pretest-posttest control group design dalam desainnya. Analisis data menggunakan model pengembangan e-book mengadobsi model 4D. Terdapat empat tahapan penting dalam model 4D, yaitu:

(1) Define,

(2) Design,

(3) Development, dan

(4) Disseminate.  

Validasi media pembelajaran berupa e-book dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, uji skala kecil dan uji skala luas. Hasil rata-rata persentase validasi ahli media dan ahli materi sebesar 91,5%, rata-rata persentase validasi media uji skala kecil sebesar 87,75%, dan rata-rata persentase validasi uji skala luas sebesar 86,42%. Berdasarkan validasi yang diperoleh, rata-rata persentase keseluruhan validasi media pembelajaran yang dikembangkan adalah 88,55%. Pada hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pre test dan post test dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 46,67% dan nilai rata-rata post test sebesar 88,09%. Hal ini menunjukkan bahwa e-book yang dikembangkan telah efisien untuk digunakn dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan.