SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Student Facilitator and Explaining Dengan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X Program Keahlian Multimedia di SMKN 2 Singosari

rusdianto darma

Abstrak


ABSTRAK

Rusdianto, Darma. 2019. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Student Facilitator and Explaining Dengan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X Program Keahlian Multimedia di SMKN 2 Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika,Fakultas Teknik,Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. HarySuswanto, M.T (II) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom

Kata Kunci: HasilBelajar, Student Facilitator and Explaining, Pembelajaran Konvensional, Komputer dan Jaringan Dasar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran konvensional dan model SFAE pada mata pelajaran Komputer dan jaringan dasar terhadap hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu Quasi Experimental dengan desain penelitiannya adalah Nonequivalent Control Design dimana pada desain ini kelompok kelas eksperimen dan kontrol tidak dipilih secara random. Pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data adalah pendekatan kuantitatif karena penelitian ini menggunakan data yaitu berupa angka dari hasil belajar peserta didik yang meliputi nilai pretestposttest. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MM di SMK Negeri 2 Singosari tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 64 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa:

(1) terdapat peningkatan hasil belajar ranah pengetahuan karena penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan penerapan model pembelajaran Konvensional,

(2) terdapat peningkatan hasil belajar ranah keterampilan karena penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan penerapan model pembelajaran Konvensional,

(3) terdapat perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan antara penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran Konvensional dengan signifikasi sebesar 0,017<0,05, dan

(4) terdapat perbedaan hasil belajar ranah keterampilan antara penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran Konvensional dengan signifikasi sebesar 0,027<0,05.