SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2016 dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Paket Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Probolinggo Tahun Ajaran 2018/2019

Mufarrichah Dwi Arini

Abstrak


ABSTRAK

Mufarrichah, Dwi Arini. 2019. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2016 dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Paket Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Probolinggo Tahun Ajaran 2018/2019. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muladi, S.T., M.T., (II) Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T.

Kata Kunci: Evaluasi implementasi kurikulum, Kurikulum 2013 Revisi 2016, proses pembelajaran, guru SMK, siswa SMK

Perubahan dan perkembangan kurikulum merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional untuk menghadapi perkembangan zaman. Kurikulum 2013 Revisi 2016 merupakan pembaharuan dan perbaikan dari Kurikulum 2013 yang tidak hanya difokuskan pada pembentukan kompetensi, tetapi juga kapabilitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2016 dalam proses pembelajaran paket keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI) di SMK Negeri 2 Probolinggo yang meliputi aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.  Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa TEI di SMK Negeri 2 Probolinggo. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Uji validitas instrumen penelitian berdasarkan validitas isi dan validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach’s. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

(1) implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2016 pada tahapan perencanaan pembelajaran berada dalam kategori sebagian besar terlaksana;

(2) implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2016 pada tahapan pelaksanaan pembelajaran berada dalam kategori sebagian besar terlaksana;

(3) implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2016 pada tahapan penilaian pembelajaran berada dalam kategori sebagian besar terlaksana;

(4) Hambatan yang ditemui dalam implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2016, yaitu ketersediaan buku ajar atau literatur berbasis Kurikulum 2013 Revisi 2016 yang masih minim, pemahaman guru dalam penyusunan RPP dan penilaian pembelajaran yang masih bervariasi, jumlah peralatan kegiatan praktik yang masih terbatas, serta sikap percaya diri, keaktifan, dan motivasi belajar siswa yang masih kurang;

(5) Secara keseluruhan implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2016 dalam proses pembelajaran pada paket keahlian TEI masih belum sepenuhnya terlaksana hal ini dikarenakan dalam implementasinya guru belum sepenuhnya memahami dan melaksanakan tuntutan karakteristik Kurikulum 2013 Revisi 2016, terutama terkait kegiatan penilaian otentik.