SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH SUHU DAN KECEPATAN ANGIN TERHADAP POTENSI ENERGI ANGIN SEBAGAI ALTERNATIF PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN

RIMA SEPTIANI PRASTIKA

Abstrak


Kebutuhan masyarakat terhadap tenaga listrik semakin meningkat setiap tahunnya, bahan bakar fosil yang selama ini menjadi bahan bakar untuk menghasilkan energi listrik, ketersediaannya di alam sangat terbatas. Mengembangkan dan menerapkan sumber energi terbarukan perlu segera digalakkan guna mengurangi ketergantungan bahan bakar fosil yang selama ini menjadi bahan bakar untuk membangkitkan tenaga listrik. Sangat diharapkan sumber energi listrik yang ramah lingkungan dan mudah didapatkan di alam, agar sumber energi tersebut dapat menjadi alternatif pembangkit listrik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar potensi energi angin yang dipengaruhi oleh suhu dan kecepatan angin sebagai alternatif pembangkit listrik tenaga angin. Menentukan lokasi-lokasi yang berpotensi untuk dipasang PLTB, menentukan jumlah blade atau bilah kincir angin, dan jumlah titik pemasangan pada lokasi tertentu.

Dalam penelitian ini metode yang digunakan bersifat kuantitatif dengan data sekunder. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa total potensi energi angin di area Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi pada bulan Agustus 2017─Juli 2018 adalah sebesar 85.162.810,36 Wh. Berdasarkan topologi area, besar nilai kecepatan angin, besar nilai potensi energi yang dihasilkan, dan koordinat, serta waktu, sebagian besar (91,8%) lokasi dapat dibangun tower PLTB dengan memanfaatkan suhu dan kecepatan angin 10 meter di atas permukaan tanah yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif energi pembangkit listrik tenaga angin. Besar pengaruh suhu terhadap potensi energi angin yaitu 1,01% dan besar pengaruh kecepatan angin terhadap potensi energi angin yaitu 48,78% pada setiap penambahan atau pengurangan kondisi nilai kecepatan angin sebesar 1m/s dengan kondisi nilai suhu konstan. Jumlah blade yang dibutuhkan antara sejumlah 2 bilah turbin pada setiap tower PLTB. Jumlah titik tower yang memungkinkan dibangun yaitu sejumlah 110.185 titik tower PLTB. Dengan begitu, suhu dan kecepatan angin dapat dilihat pengaruhnya terhadap potensi energi angin sebagai alternatif energi di area Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi.