SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perencanaan Pengembangan dan Pembuatan Switch Box Dengan Kendali PLC Untuk Mengoperasikan Mesin Pengolahan Kapas (Mesin Carding).

ADE IRMA MEGAWATI WASIYAT

Abstrak


ABSTRAK

 

Wasiyat, Megawati, Ade Irma. 2010. Perencanaan Pengembangan dan Pembuatan Switch Box Dengan Kendali PLC Untuk Mengoperasikan Mesin Pengolahan Kapas (Mesin Carding). Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Dwi Prihanto, S.S.T.

 

Kata Kunci: Mesin Carding, Switch Box, kendali PLC.

 

P.T Industri Sandang Nusantara Unit Patal Lawang yang merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang pemintalan benang, hampir sebagian besar kontrol proses produksinya masih menggunakan kendali manual. Salah satunya yaitu tahap proses carding, sehingga diperlukan pengawasan yang terus menerus sehingga banyak menyita waktu kerja, untuk itu perlu perancangan ulang intsalasi kontrol panel secara otomatis (Switch Box).

 

Switch Box mesin carding adalah  kontrol pemutus suatu sistem atau suatu proses dalam menghasilkan output yang dikehendaki sesuai dengan masukan tertentu. Perancangan switch box meliputi rangkaian sensor pendeteksi, blok program PLC, rangkaian driver, rangkaian blok kontaktor, rangkaian keseluruhan switch box. Prinsip kerja switch box yaitu sensor akan memberikan sinyal kepada PLC, kemudian rangkaian driver akan memberikan sinyal output dari PLC untuk mengaktifkan kontaktor. Kemudian kontaktor itu sendiri diaplikasikan sebagai penggerak motor induksi 3 fasa.

 

Switch box akan mengontrol semua sistem pada mesin carding. Pada saat mesin bekerja maka sensor akan aktif. Jika serat kapas putus maka sensor akan mendeteksi kemudian memberikan sinyal pada PLC, dengan otomatis mesin akan mati. begitu  juga jika ada kotoran maka sensor akan mendeteksi kemudian mesin akan mati selama  5 detik setelah kotoran dibersihkan dengan blower atau penghisap kotoran, dan jika tong penuh maka sensor akan mendeteksi kemudian memberikan sinyal pada PLC, dengan otomatis mesin akan mati.

 

 

Disarankan sebelum merancangan switch box hendaknya memeriksa lagi seluruh komponen yang akan digunakan sebelum dirakit, sehingga pada saat alat dioperasikan tidak akan terjadi trouble dalam prosesnya.