SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Gangguan Jaringan 20 kV Menggunakan Metode Failure Mode, Effects, And Criticality Analysis (FMECA) di PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Surabaya Selatan

Muhammad Fahrus Shobir Al Farih

Abstrak


ABSTRAK

Muhammad Fahrus Shobir Al Farih. 2019. Evaluasi Gangguan Jaringan 20 kV Menggunakan Metode Failure Mode, Effects, And Criticality Analysis (FMECA) di PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Surabaya Selatan. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang.

Kata Kunci: Gangguan Jaringan, FMECA, Risk Priority Number

Penelitian ini menyajikan evaluasi gangguan jaringan 20 kV menggunakan mode kegagalan, efek dan metode analisis kritikalitas (FMECA) di PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Surabaya Selatan. Kontribusi utama dari penelitian ini dengan membuat prioritas penanganan yang tepat akan mengurangi nilai RPN (Risk Priority Number) yang mempengaruhi peningkatan keandalan sistem distribusi. FMECA mencakup beberapa parameter, level kerusakan, dan peluang deteksi/perbaikan yang digunakan untuk menentukan RPN (Risk Priority Number), dengan melakukan simulasi dan memvalidasi dengan menerapkan metode FMECA pada jaringan 20 kV menggunakan program Matlab dan Android dalam hal metode prioritas dan evaluasi gangguan jaringan 20 kV karena mempertimbangkan penanganan prioritas yang akan mengurangi nilai RPN (Risk Priority Number) dari keandalan sistem. Berdasarkan hasil akhir untuk membantu dalam meminimalkan penggunaan peralatan pemeliharaan dan frekuensi gangguan untuk mendapatkan data dari sistem jaringan distribusi/peralatan yang digunakan sebagai bahan untuk perencanaan alternatif pemeliharaan dan perbaikan. Namun, penelitian lebih lanjut tentang kebijakan pemeliharaan prediktif yang diusulkan dapat dilakukan untuk memperluas penerapannya ke sistem industri listrik lainnya.