SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Hasil Belajar Instalasi Motor Listrik Karena Pengaruh Penerapan Model CPS Berbantuan Simulasi dibandingkan Model CBL Berbantuan Simulasi Pada Siswa Pada Siswa Kelas XI Listrik SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kab. Malang

Kamidah Farithotul

Abstrak


ABSTRAK

Kamidah, F. 2018. “Perbedaan Hasil Belajar Instalasi Motor Listrik Karena Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CPS Berbantuan Simulasi Dibandingkan Model CBL Berbantuan Simulasi Pada Siswa Kelas XI TITL SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kab. Malang”.Skripsi, Program Studi Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., (2) Drs. Hari Putranto, M.Pd.

Kata kunci: Hasil Belajar Instalasi Motor Listrik, Model Creative Problem Solving, Model Challenge Based Learning, simulasi.

Strategi pembelajaran dapat dilakukan dengan memilih model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pemilihan model pembelajaran harus sesuai dengan keadaan dan karakteristik siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) deskripsi hasil belajar pengetahuan IML karena pengaruh penerapan model CPS berbantuan simulasi;

(2) deskripsi hasil belajar keterampilan IML karena pengaruh penerapan model CPS berbantuan simulasi;

(3) deskripsi hasil belajar pengetahuan IML karena pengaruh penerapan model CBL berbantuan simulasi;

(4) deskripsi hasil belajar keterampilan IML karena pengaruh penerapan model CBL berbantuan simulasi;

(5) mengetahui perbedaan hasil belajar pengetahuan IML yang signifikan antara kelas yang menerapkan model CPS berbantuan simulasi dengan kelas yang menerapkan model CBL berbantuan simulasi; dan

(6) mengetahui perbedaan hasil belajar keterampilan IML yang signifikan antara kelas yang menerapkan model CPS berbantuan simulasi dengan kelas yang menerapkan model CBL berbantuan simulasi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experimental design dengan desain non equivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh yaitu teknik penentu sampel bila semua anggota populasi dijadikan sampel. Sampel penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas XI TITL A dan XI TITL B. Penerapan perlakuan pada kelas A dan kelas B adalah sama mengenai materi ajar, waktu, tujuan pembelajaran, dan media yang digunakan. Perbedaan hanya pada penerapan model yang digunakan. Kelas A menggunakan model CPS berbantuan simulasi dan kelas B menggunakan model CBL berbantuan simulasi. Penerapan perlakuan penelitian pada kedua kelas akan dibandingkan dan dicari tingkat signifikansinya menggunakan uji hipotesis yaitu uji-t.

Hasil penelitian ini yaitu:

(1) rata-rata hasil belajar pengetahuan IML karena penerapan model CPS berbantuan simulasi sebesar 85,88 sedangkan rata-rata hasil belajar pengetahuan IML karena penerapan model CBL berbantuan simulasi sebesar 81,64;

(2) rata-rata hasil belajar keterampilan IML karena penerapan model CPS berbantuan simulasi sebesar 88,05 sedangkan rata-rata hasil belajar keterampilan IML karena penerapan model CBL berbantuan simulasi sebesar 83,00; (3) hasil uji hipotesis pertama nilai sig.2 tailed didapatkan sebesar 0,017 < 0,05; dan (4) hasil uji hipotesis kedua nilai sig.2 tailed didapatkan sebesar 0,000 < 0,05.

Kesimpulan penelitian ini yaitu:

(1) rata-rata nilai hasil belajar pengetahuan dan keterampilan IML dengan penerapan model CPS berbantuan simulasi termasuk pada kategori sangat tinggi;

(2) rata-rata nilai hasil belajar pengetahuan dan keterampilan IML dengan penerapan model CBL berbantuan simulasi termasuk pada kategori tinggi;

(3) terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar pengetahuan IML antara kelas karena pengaruh penerapan model CPS berbantuan simulasi dengan kelas karena pengaruh penerapan model CBL berbantuan simulasi; dan

(4) terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar keterampilan IML antara kelas karena pengaruh penerapan model CPS berbantuan simulasi dengan kelas karena pengaruh penerapan model CBL berbantuan simulasi.