SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pembelajaran Matakuliah Statistik Pendidikan di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Ardhiana Hardika Layla

Abstrak


ABSTRAK

Ardhiana, Hardika Layla. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Matakuliah Statistik Pendidikan di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Prof. Dr. Tri Atmadji S., M.Pd.; (2) Arif Nur Afandi, S.T., M.T. Ph.D.

Kata Kunci: Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang, Modul Pembelajaran, Statistik Pendidikan

Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan kepada dosen pengampu matakuliah statistik pendidikan didapatkan hasil bahwa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran adalah buku-buku tentang statistik yang ada di perpustakaan. Selain itu dari hasil wawancara didapatkan hasil bahwa belum ada modul pembelajaran matakuliah statistik pendidikan yang dirancang khusus untuk kebutuhan sendiri (Universitas Negeri Malang), sehingga perlu ada modul yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Pengembangan modul pembelajaran sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di dalam kelas karena dengan adanya modul memungkinkan peserta didik dapat belajar secara mandiri.

Tujuan dari penelitian ini yaitu:

(1) merancang modul pembelajaran matakuliah statistik pendidikan bagi dosen dan juga mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang,

(2) menghasilkan modul pembelajaran matakuliah statistik pendidikan bagi dosen dan juga mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang,

(3) menguji kelayakan modul pembelajaran matakuliah statistik pendidikan bagi dosen dan juga mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang.

Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono (2012:409) yang dimodifikasi. Langkah-langkahnya adalah:

(1) potensi dan masalah,

(2) pengumpulan data,

(3) desain produk,

(4) validasi desain,          

(5) revisi desain,

(6) uji coba produk,

(7) revisi produk,

(8) uji coba pemakaian,

(9) revisi produk. Pengambilan data validasi pada pengembangan ini yaitu dengan kuisioner atau angket dan wawancara.

Hasil data kuantitatif uji coba modul adalah sebagai berikut

(1) validasi ahli media sebesar 94,44%,

(2) uji coba produk sebesar 82,70%, dan

(3) uji coba pemakaian sebesar 92,25%, sedangkan kesimpulan dari hasil data kualitatif dinyatakan bahwa produk pengembangan sudah bagus dan layak digunakan untuk bahan ajar.

ABSTRACT

Ardhiana, Hardika Layla. 2019. Development of Learning Modules for Educational Statistics Course at Department of Electrical Engineering, Universitas Negeri Malang. Thesis, Bachelor Program of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang. Supervisor: (1) Prof. Dr. Tri Atmadji S., M.Pd.; (2) Arif Nur Afandi, S.T., M.T. Ph.D.

Keywords: Department of Electrical Engineering, State University of Malang, Learning Module, Educational Statistics.

Based on the results of interviews that have been conducted to the lecturers in the education statistics, the results show that the teaching materials used in learning are books about statistics in the library. In addition, from the results of the interview, it was found that there was no learning module for educational statistics specifically designed for their own needs (State University of Malang), so there needed to be a module that suited the needs of students. Development of learning modules is very necessary to support learning activities in the classroom because the existence of modules allows students to learn independently.

The objectives of this study are:

(1) designing learning modules for educational statistics for lecturers and students of the Department of Electrical Engineering, State University of Malang,

(2) producing learning modules for educational statistics for lecturers and students of the Electrical Engineering Department of State University of Malang,

(3) test the feasibility of the learning module for educational statistics for lecturers and also students of the Department of Electrical Engineering, State University of Malang.

The development model used is the modified model of Sugiyono (2012: 409). The steps are:

(1) potential and problems,

(2) data collection,

(3) product design,

(4) design validation,

(5) design revision,

(6) product testing,

(7) product revision,

(8) usage testing,

(9) product revision. Data collecting of the validation was done using questionnaire and interview.

The results of quantitative data testing of module

(1) validation of media expert was 94.44%,

(2) validation of product testing was 82.70%, and

(3) validation of usage testing was 92.25%, while the conclusions from the results of qualitative data stated that the development product was good and feasible to be used for teaching materials.